Sabtu 23 Feb 2019 23:01 WIB

Arus Pendek Diduga Picu Kebakaran Kapal di Muara Baru

Kebakaran berawal dari kegiatan pengelasan listrik di pondasi mesin penyedot air.

Kebakaran Kapal: Warga melihat sisa-sisa kapal yang terbakar di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta Utara, Sabtu (23/2) malam.
Foto: Republika/Bayu Adji P
Kebakaran Kapal: Warga melihat sisa-sisa kapal yang terbakar di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta Utara, Sabtu (23/2) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polisi menduga arus pendek aliran listrik menjadi penyebab kebakaran besar yang melalap belasan kapal di Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (23/2). "Berawal dari Kapal Motor (KM) Arta Minajaya. Di kapal itu telah terjadi kebakaran yang berawal dari kegiatan pengelasan listrik di pondasi mesin penyedot air kapal. Itu informasi kami terima dari pemeriksaan sementara," ujar Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, AKPB Reynold EP Hutagalung.

Dia menjelaskan, percikan api las telah menyebabkan arus pendek (korsleting) yang memicu kebakaran. Jarak kapal yang berdekatan satu sama lain juga menyebabkan api menyebar dengan cepat.

Polisi juga telah memeriksa enam orang saksi dalam peristiwa kebakaran tersebut. "Sudah ada enam saksi yang diperiksa. Kami mendapatkan informasi awal penyebab kebakaran dari pemeriksaan itu," ujarnya.

Saksi yang diperiksa adalah kapten kapal, ABK dan warga di sekitar lokasi. Polisi masih melakukan pendalaman penyelidikan.

NMengenai kerugian materi akibat kebakaran tersebut, Reynold belum bisa memberikan angka pasti karena belum bertemu dengan pemilik kapal. "Belum ditaksir. Karena pemiliknya belum ada," katanya.

Hingga berita ini diturunkan upaya pemadaman masih berlangsung dengan jumlah kapal yang terbakar sebanyak 18 unit. Sebanyak 23 unit kendaraan pemadam kebakaran juga telah dikerahkan di lokasi kebakaran. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement