Jumat 22 Feb 2019 14:11 WIB

UMP Targetkan Satu Profesor per Tahun

Sudah lebih dari 50 persen dosen UMP bergelar doktor.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Gita Amanda
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Foto: wordpress.com
Universitas Muhammadiyah Purwokerto

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Lembaga perguruan tinggi yang berkembang baik, tak akan bisa dilepaskan dari tradisi keilmuan. Termasuk juga bagi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), yang pada bulan April 2019 mendatang akan menginjak usia ke-54 tahun.

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Dr Anjar Nugroho, untuk mewujudkan tradisi keilmuan tersebut sejumlah target telah ditetapkan pimpinan UMP. Antara lain, dalam hal peningkatan kualitas pendidikan para staf pengajarnya.

Baca Juga

''Saat ini, UMP sudah dalam posisi yang baik. Dosen dengan kualifikasi pendidikan doktor sudah ada 52 orang, sedangkan yang dengan melaksanakan studi lanjut S3 ada 85 dosen,'' jelasnya.

Dengan program peningkatan kualifikasi pendidikan yang terus berlangsung, Anjar berharap dalam waktu lima tahun ke depan, sudah lebih dari 50 persen dosen UMP bergelar doktor.

Dalam hal tradisi keilmuan, Anjar juga mengaku pimpinan UMP sedang mengupayakan agar setiap dosen UMP mampu membuat karya ilmiah minimal satu karya ilmiah per tahun. ''Karya ilmiah tersebut harus terpublikasikan di jurnal internasional, sebagai salah satu langkah menuju akreditasi internasional,'' katanya.

Lebih dari itu, Anjar juga juga berharap UMP ke depannya mampu menghasilkan satu profesor setiap tahunnya. ''Untuk mewujudkan hal ini, UMP terus mengupayakan percepatan kualifikasi untuk menjadi profesor. Dosen-dosen yang sudah berpangkat lektor kepala, kita dorong untuk menuju profesor,'' katanya.

Sementara untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan bidang pekerjaan yang dibutuhkan, UMP juga akan terus mengembangkan diri dengan menambahnya berbagai program studi. ''Saat ini sedang kita persiapkan beberapa program studi baru, dan sudah di proses di Kemenristekdikti. Kemungkinan tahun ini izin keluar, sehingga mulai tahun ajaran 2019 mulai bisa dilakukan penerimaan mahasiswa baru,'' ujarnya.

Saat ini, kata Anjar, UMP sudah mempunyai 38 program studi jenjang pendidikan sarjana dan magister. Untuk program magister (S2), UMP telah memiliki beberapa program studi antara lain Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Magister Pendidikan Dasar, Magister Pendidikan IPS, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Farmasi, dan Magister Manajemen.

''Dalam waktu dekat, UMP juga akan memiliki program doktoral untuk Ilmu Pendidikan,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement