Kamis 21 Feb 2019 21:28 WIB

12.567 Kilogram Sampah Terkumpul dari Pantai Kesenden

Ada sekitar 750 personel dari berbagai unsur yang ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Andi Nur Aminah
Bersih-bersih Pantai dengan memungut sampah (ilustrasi)
Foto: Republika/Lilis Sri Handayani
Bersih-bersih Pantai dengan memungut sampah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Sebanyak 12.567 kilogram sampah di pesisir Pantai Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, berhasil terangkut dalam aksi bersih-bersih pesisir pantai, Kamis (21/2). Ada sekitar 750 personel dari berbagai unsur yang ikut serta dalam kegiatan tersebut. Kegiatan itu dilakukan sebagai rangkaian peringatan Hari Peduli Sampah Nasional.

 

Baca Juga

Dari 12.567 kg sampah yang berhasil dikumpulkan itu terdiri atas sampah plastik sebanyak 6.725 kg, sampah kayu sebanyak 4.370 kg dan sampah logam sebanyak 1.468 kg. "Secara kasat mata kita lihat memang sangat kotor," ujar Dirpolairud Polda Jabar, Kombes Pol Widi Handoko, saat ditemui di sela acara tersebut.

 

Widi mengatakan, kondisi tersebut cukup memprihatinkan. Apalagi, sampah di pesisir pantai itu bukan hanya berasal dari sampah kapal. Namun juga dari daratan berupa sampah rumah tangga yang mengendap di muara sungai.

 

Widi menambahkan, kegiatan tersebut tidak akan berhenti hari ini saja. Namun, akan berlanjut pada kegiatan edukasi secara rutin kepada masyarakat agar mereka paham dan sadar untuk bersama-sama menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. "Mari wariskan laut yang bersih kepada anak-anak kita," tandas Widi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement