Rabu 20 Feb 2019 16:02 WIB

Alfito Diusul Jadi Moderator Debat Ketiga Pilpres

Pengusulan Alfito dan Putri Ayuningtyas menunggu persetujuan tim sukses.

Rep: Dian Erika N/ Red: Indira Rezkisari
Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri), Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kanan) dan Ketua KPU Arief Budiman (tengah) menyanyikan Indonesia Raya saat sebelum memulai debat capres 2019 putaran kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Ahad (17/2/2019).
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri), Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kanan) dan Ketua KPU Arief Budiman (tengah) menyanyikan Indonesia Raya saat sebelum memulai debat capres 2019 putaran kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Ahad (17/2/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan media penyelenggara mengusulkan nama Alfito Deanova dan Putri Ayuningtyas sebagau moderator debat ketiga pilpres pada 17 Maret mendatang. Meski begitu, dua nama jurnalis televisi ini belum ditetapkan secara resmi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua KPU, Arief Budiman, usai evaluasi pelaksanaan debat kedua pilpres di Kantor KPU, Rabu (20/2). "Moderator sudah diusulkan oleh KPU, oleh TV penyelenggara, yakni Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas,” ujar Arief.

Baca Juga

Menurut Arief, pihaknya masih menunggu tanggapan dan persetujuan dari TKN Jokowi-Ma'ruf Amin dan BPN Prabowo-Sandiaga Uno. Sebab, penentuan moderator wajib berdasarkan kesepakatan kedua tim kampanye peserta pemilu.

"UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017, mengatakan bahwa KPU harus berkoordinasi dan mendapat persetujuan dari masing-masing paslon. Maka kami memberikan kesempatan kepada TKN Jokowi-Ma'ruf Amin dan BPN Prabowo-Sandiaga Uno memberikan tanggapan apakah usulan moderator itu bisa disetujui atau tidak,” papar Arief.

KPU memberikan waktu paling lambat sepekan kepada kedua pihak tersebut. "Ada yang masih meminta waktu akan memberikan tanggapannya pada rapat berikutnya, paling lama sepekan lagi. Kita akan kembali melakukan rapat,” pungkas Arief.

Alfito Deannova merupakan pria kelahiran Jakarta, 17 September 1976 dan sekarang berkarier sebagai presenter di stasiun televisi CNN Indonesia. Sebelumnya, Alfito bergabung dengan Liputan 6 di SCTV sejak tahun 2000 hingga tahun 2007. Ia resmi bergabung dengan tvOne pada tahun 2008 semenjak membawa acara gelar wicara Alfito (atau lebih dikenal sebagai Alfito Show). Alfito keluar dari tvOne pada tahun 2015, kemudian ia bergabung di CNN Indonesia pada tahun yang sama. Alfito pernah memandu debat ketiga Pilgub DKI Jakarta pada tahun 2017.

Sementara Putri Ayuningtyas adalah perempuan kelahiran Subang, Jawa Barat, 21 September 1986. Putri juga merupakan presenter di stasiun televisi CNN Indonesia. Putri mengawali kariernya sebagai jurnalis di Metro TV pada tahun 2008. Kemudian Putri memegang beberapa program di Metro TV seperti Wide Shot, Metro Hari Ini, Top News, Metro Highlights, dan Metro This Week, sebelum akhirnya pindah CNN Indonesia pada tahun 2015.

Debat pilpres ketiga akan diselenggarakan pada 17 Maret 2019 di Hotel Sultan. Debat nanti akan membahas tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, dan sosial-kebudayaan. Debat ketiga akan mempertemukan cawapres nomor urut 01 KH Ma’ruf Amin dan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno. Debat ketiga akan disiarkan oleh Trans TV, Trans 7 dan CNN Indonesia TV.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement