Senin 18 Feb 2019 18:42 WIB

Sumbar akan Jadi Tuan Rumah Rakernas APPSI 2019

Presiden Joko Widodo diharapkan hadir dalam Rakernas APPSI tersebut.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Gita Amanda
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (IP).
Foto: Republika/Sapto Andika Candra
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (IP).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Provinsi Sumatera Barat akan bertindak selaku tuan rumah Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) 2019. Sumbar akan menyelenggarakan Rakernas APPSI selama tiga hari sejak Rabu (20/2) sampai Jumat (22/2).

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan Rakernas APPSI kali ini mengangkat tema 'Reformasi Kebijakan Dan Strategi untuk Mendukung Pengembangan Produk Unggulan dan Kerja Sama Antar Daerah'. "Rakernas APPSI ini tiap tahun diadakan dengan tema berbeda dan tuan rumah yang berganti. Kali ini kita Sumbar menjadi tuan rumah," kata Irwan di Istana Gubernur Sumatera Barat, Senin (18/2).

Baca Juga

Irwan menjelaskan Rakernas APPSI nanti kemungkinan akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. Tapi konformasi kehadiran presiden masih menantikan kabar pasti dari istana negara. Irwan sendiri berharap presiden menyempatkan hadir di Rakernas APPSI yang akan di Hotel Grand Inna, Padang itu. Kehadiran orang nomor satu di Indonesia itu menurut Irwan akan membuat semua kepala daerah tingkat provinsi akan hadir.

"Kalau Presiden hadir, semua gubernur akan hadir," ujar Irwan.

Dalam rangkaian acara Rakernas nanti, APPSI akan menghadirkan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman sebagai pembicara untuk membicarakan topik mengenai arah kebijakan pemerintah pusat untuk mendukung pengembangan produk unggulan daerah dalam meningkatkan ekspor dan menurunkan impor.

Kemudian dilanjutkan dengan perbincangan dengan Gubernur Sumbar dan Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah yang mengangkat tema mengenai peluang dan kendala dalam pengembangan produk unggulan dan kerja sama ekonomi antar daerah.

Menjadi tuan rumah acara besar seperti rakernas APPSI ini menurut Irwan akan memberi banyak dampak positif bagi Sumbar. Selain kepercayaan dari APPSI, Sumbar punya kesempatan kembali mempromosikan seni budaya, wisata, kuliner dan lain-lain.

Kepala daerah yang hadir, kata Irwan, rata-rata akan membawa rombongan dalam jumlah yang banyak. Apalagi sehari setelah Rakernas selesai, langsung memasuki libur akhir pekan. Jadinya peseta rakernas APPSI bisa menyempatkan waktu berwisata dan berbelanja di Sumatera Barat. "Dampak ekonomi pasti akan dirasakan masyarakat," ujar Irwan.

Sejauh ini baru 20 gubernur yang sudah mengonfirmasi kehadiran di rakernas APPSI. Lima gubernur akan diwakili oleh wakil gubernurnya dan enam gubernur diwakili asisten pemerintahannya. Andai Presiden Jokowi bersedia hadir, Irwan yakin semua gubernur akan mengusahakan ikut hadir di rakernas APPSI ini.

Selain berdikusi dengan para menteri dan gubernur, rangkaian rakernas APPSI ini juga akan melangsungkan serah terima jabatan ketua APPSI. Serah terima jabatan akan diberikan dari mantan gubernur Jawa Timur Soekarwo kepada Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola. Pakdhe Karwo harus meletakkan jabatannya sebagai ketua APPSI karena masa jabatannya sebagai Gubernur Jawa Timur telah berakhir. Longki sebelumnya menjabat sebagai wakil ketua APPSI otomatis akan menjabat sebagai ketua sampai adanya pemilihan ketua yang baru pada akhir 2019 ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement