Sabtu 16 Feb 2019 01:00 WIB

Purbalingga Anggarkan Rp 175 juta untuk Pengadaan Benih Ikan

Jenis ikan yang ditebar antara lain ikan jenis nila dan melem.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Ikan Nila
Foto: blogspot.com
Ikan Nila

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Pada tahun anggaran 2019, Pemkab Purbalingga menganggarkan dana APBD senilai Rp 175 juta untuk pengadaan benih ikan. 'Dana sebanyak itu merupakan anggaran satu tahun, yang digunakan untuk menebar benih ikan di wilayah Purbalingga.

Kasi Pengembangan Nelayan Kecil dan Perijinan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Hari Setyati, Jumat (15/2) mengatakan dengan anggaran tersebut, dia menyebutkan, pihaknya telah melakukan penebaran benih ikan di 3 lokasi sungai pada Bulan Januari 2019 lalu. Jumlah benih yang ditebar, secara keseluruhan ada sebanyak  22 ribu ekor.

Baca Juga

Sedangkan untuk Bulan Februari 2019 ini, pihaknya berencana untuk menebar benih ikan di delapan lokasi sungai. Pada Jumat (15/2), pihaknya menerbar benih ikan sebanyak 8.000 ekor di Sungai Gringsing Kelurahan Bojong Kecamatan Purbalingga. ''Pada bulan Februari ini, rencananya ada 102 ribu ekor benih ikan yang ditebar,'' katanya.

Sedangkan jenis ikan yang ditebar, antara lain ikan jenis nila dan melem. ''Kami memilih kedua jenis ikan itu yang ditebar, mengingat habitat sungai di Purbalingga cocok dengan kedua jenis ikan itu,'' kata dia.

Dengan adanya penebaran benih ikan yang dilakukan secara rutin, diharapkan keberadaan ikan di sungai-sungai di Purbalingga dapat dijaga kelestariannya. Secara tidak langsung, keberadaan ikan-ikan di sungai ini juga akan menjaga pasokan kebutuhan pangan dari jenis ikan.

''Yang panting, kami meminta masyarakat ikut menjaga kelestarian lingkungan sungai dengan tidak menggunakan alat setrum atau racun untuk menangkap ikan,'' ucap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement