Rabu 13 Feb 2019 17:34 WIB

Pemkab Pekalongan Buka Objek Wisata Telaga Mangunan

Pemkab sudah melakukan pembersihan telaga yang memiliki luas sekitar 10 ha.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Sejumlah perajin memproduksi batik di Kampung Batik Kauman di Pekalongan, Jawa Tengah, Kamis (27/9).
Foto: Antara/Harviyan Perdana Putra
Sejumlah perajin memproduksi batik di Kampung Batik Kauman di Pekalongan, Jawa Tengah, Kamis (27/9).

REPUBLIKA.CO.ID, KAJEN -- Pemerintah Kabupaten Pekalongan akan memiliki objek wisata baru di Desa Tlogohendro Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan. Objek wisata yang dikelola Pemkab tersebut berupa objek alam Telaga Mangunan.

''Sebelum dibuka, Pemkab sudah melakukan pembersihan telaga yang memiliki luas sekitar 10 hektare," kata Kasi Pengembangan Wisata Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Pekalongan, Purwo Susilo, Rabu (13/2).

Menurutnya, obyek wisata Telaga Mangunan ini akan dibuka pada bulan April 2019 mendatang. ''Sebelum dibuka secara resmi, kami masih terus melakukan penataan sehingga obyek wisata ini menjadi lebih representatif. Masyarakat juga kami libatkan untuk ikut bergotong royong melakukan pembersihan,'' ucap dia.

Malang Ditargetkan Jadi Destinasi Wisata Halal

Beberapa penataan yang akan dilakukan, kata Purwo, Pemkab akan melengkapi obyek wisata dengan wahana perahu kayak. Selain itu, berbagai fasilitas maupun infrastruktur penunjang juga sedang disiapkan.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi menyatakan, Telaga Mangunan merupakan telaga yang berada di dataran tinggi wilayah sekitar pegunungan Kendeng. ''Air telaga sangat jernih dan sejuk. Sedangkan pemandangan alamnya juga menawan, sehingga pengunjung yang datang ke obyek wisata ini akan merasa nyaman,'' kata dia.

Menurutnya, keberadaan obyek wisata Telaga Mangunan ini akan menjadi pelengkap destinasi wisata yang ada di Kabupaten Pekalongan. ''Selain dikenal menjadi pusat batik, kami juga berharap Kabupaten Pekalongan kelak bisa menjadi salah satu kabupaten yang mampu menjadi salah satu kabupaten destinasi wisata di Jawa Tengah,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement