Jumat 08 Feb 2019 18:40 WIB

Jalan Raya Kalimalang Segera Diperbaiki

Perbaikan jalan diserahkan kepada pengelola tol Becakayu.

Rep: Dedy Darmawan Nasution / Red: Dwi Murdaningsih
Pengendara melintasi gerbang Tol Bekasi Cawang Kampung Melayu (Becakayu), di pintu masuk tol Jakasampurna, Bekasi, Jawa Barat, Senin (6/11).
Foto: Antara/Risky Andrianto
Pengendara melintasi gerbang Tol Bekasi Cawang Kampung Melayu (Becakayu), di pintu masuk tol Jakasampurna, Bekasi, Jawa Barat, Senin (6/11).

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Jalan Raya Kalimalang yang rusak akan diperbaiki. Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono mengatakan pemkot sudah berkoordinasi dengan PT Kresna Kusuma Dyandra Magra (KKDM) selaku pelaksana proyek Tol Becakayu terkait kerusakan tersebut. Dalam waktu dekat, lanjut Tri, PT KKDM akan melakukan perbaikan jalan.

“Mereka akan melaksanakan perbaikan itu. Mungkin nanti ada penutupan jalan karena harus dilakukan dalam beberapa tahap. Kita sudah berkoordinasi,” kata Tri di Bekasi, Jumat (8/2).

Adapun perbaikan diserahkan kepada PT KKDM karena Jalan Raya Kalimalang menjadi area pembangunan tol. Pembangunan proyek tol itu turut memberikan kontribusi kerusakan terhadap jalan karena sering dilalui oleh alat berat.

Menurut Tri, saat ini PT KKDM tengah melakukan persiapan perbaikan dalam enam hari terhitung sejak Kamis (7/2). Oleh sebab itu, Tri memastikan pada pekan depan Jalan Raya Kalimalang mulai mendapatkan perbaikan secara tuntas. 

Adapun perbaikan pertama akan dilakukan untuk jalan menuju Jakarta. Pasca tuntas, perbaikan dilanjutkan untuk jalan menuju Bekasi. Tri mengungkapkan, rusaknya Jalan Raya Kalimalang juga dipicu akibat masih menggunakan aspal. Di satu sisi, area kerusakan tersebut merupakan titik yang sering terendam air karena sistem drainase yang kurang baik.

“Aspal tidak kuat ketika menerima hujan sehingga kemampuan daya lengket berkurang. Ditambah drainase yang menimbulkan genangan. Memang kalau mau kuat harus pakai beton,” ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement