Kamis 07 Feb 2019 09:10 WIB

Menpar Tetapkan Sumsel Sebagai Unggulan Wisata Olahraga

Sumsel telah sukses menggelar ajang olahraga level nasional dan internasional.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Satria K Yudha
Tambahan Emas Dari Dayung. Atlet Dayung Putra Indonesia  bertanding pada cabang Dayung nomor kelas ringan delapan putra Asian Games 2018 di Komplek Olahraga Jakabaring, Palembang, Jumat (24/8).
Foto: Republika/ Wihdan
Tambahan Emas Dari Dayung. Atlet Dayung Putra Indonesia bertanding pada cabang Dayung nomor kelas ringan delapan putra Asian Games 2018 di Komplek Olahraga Jakabaring, Palembang, Jumat (24/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menetapkan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai  center of excellence atau pusat layanan unggulan wisata olahraga di Indonesia. Hal itu disampaikam Arief dalam acara Seminar Nasional bertema Kinerja Pemerintahan Empat Tahun Jokowi-Jusuf Kalla di Auditorium Gedung Griya, Universitas Sriwijaya, Palembang, Rabu (6/2).

 

Arief mengatakan, Provinsi Sumsel telah memenuhi kriteria untuk menjadi pusat layanan unggulan bagi penerapan wisata olahraga yang berhasil. “Kalau bunga sudah berkembang, kumbang-kumbang ikut bahagia, mimpi saya untuk Palembang, jadi Center of Excellence Sport Tourism di Indonesia," kata Arief dalam keterangan yang diterima Republika.co.id, Rabu (6/2).

 

Dia menambahkan, penetapan Provinsi Sumsel sebagai Pusat Layanan Unggulan Wisata Olahraga dilakukan dengan mempertimbangkan keberhasilannya dalam menggelar berbagai event olahraga kelas dunia. Seperti diketahui, Sumsel tercatat telah sukses menjadi tuan rumah ajang olahraga mulai dari nasional, regional, hingga internasional.

 

"Di antaranya Sea Games 2011, Asian Games 2018, Musi Triboatton, Turnamen Sepak Bola Internasional, Beach Volley se-Asia Pasifik, Asian Triathlon 2017. Bahkan, rencananya Sumsel juga akan menjadi lokasi penyelenggaraan ajang balap motor bergengsi MotoGP," kata dia.

 

Selain itu, Palembang juga telah memiliki infrastruktur pendukung berupa Stadion Jakabaring. Hal ini yang kemudian menjadi alasan terkuat bagi Menteri Pariwisata untuk menjadikan Sumsel sebagai Center of Excellence Sport Tourism. "Apalagi Palembang punya Jakabaring Sport City," katanya.

 

Sebagai tindak lanjut, kata dia, di perguruan tinggi pariwisata setempat yakni Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang akan mulai dirintis pembentukan Center of Excellence Sport Tourism Indonesia. "Di Poltekpar Palembang nanti akan kita buat khusus Center of Excellence Sport Tourism untuk Indonesia yang dikembangkan di Sumatera Selatan," jelas dia.

 

Hal itu dikatakannya sebagai langkah untuk menggali potensi wisata olahraga sebagai daya tarik sebuah destinasi. “Konsep wisata olahraga merupakan ide cemerlang untuk menggali potensi pariwisata. Terlebih bila diikuti dengan digital. Bisnis sekarang dengan nilai terbesar adalah bisnis digital,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement