Jumat 01 Feb 2019 05:29 WIB

Debut 'Horor' Higuain di Liga Primer Inggris

Higuain diberikan waktu sebulan menyesuaikan diri dengan permainan Chelsea.

Rep: Febrian Fachri, Muhammad Ikhwanuddin / Red: Citra Listya Rini
Gonzalo Higuain
Foto: Twitter Chelsea
Gonzalo Higuain

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON   —  Striker anyar Chelsea, Gonzalo Higuain melakoni debut “horor" di Liga Primer Inggris. Pemain berjuluk El Pipita tersebut tak bisa berbuat apa-apa ketika klub barunya dibantai 0-4 oleh Bournemouth di Dean Court, Kamis (31/1) dini hari WIB. 

Debut Higuain di Liga Primer Inggris tak melahirkan sebijipun peluang gol. Begitu juga tendangan yang mengarah ke gawang yang nihil. Pemain asal Argentina itu hanya mencatatkan dua offsides di Dean Court. Who Scored memberikan rating 6,04 buat Higuain. 

Higuain memulai perjalanannya mengarungi Liga Primer Inggris dengan kekalahan terbesar Chelsea musim 2018/2019 ini. Daily Mail memberitakan banyak penggemar Chelsea yang mencibir sosok Higuain. Mereka menyebut klub London Barat telah mendatangkan figur yang salah ke Stamford Bridge. 

photo
Suporter Chelsea mengibarkan bendera klub (ilustrasi)

Para fan menilai Chelsea seharusnya mendatangkan penyerang yang jauh lebih muda supaya variasi serangan Eden Hazard cs lebih bagus. "Chelsea mendatangkan pemain yang salah. Harusnya Chelsea membeli Krzysztof Piatek. #Piatek #AC Milan #Chelsea," tulis penggemar Chelsea Stanley melalui akun Twitternya yang dikutip Daily Mail.

Senada dengan Stanley, Edem Doe melalui akuan Twitternya juga berpendapar seharusnya Chelsea mengalahkan AC Milan mendapatkan Piatek. Fan the Blues semakin gigit jari melihat aksi Piatek melakoni debut sebagai starter dengan memborong dua gol kemenangan Milan atas Napoli di perempat final Coppa Italia, Rabu (30/1) dini hari WIB. "Kesalahan Chelsea awal tahun ini adalah gagal mendatangkan Piatek," tulis Mark yang juga fan Chelsea.

 

Higuain dan Piatek terlibat rangkaian transfer yang sama dua pekan lalu. Higuain sejak awal musim memperkuat Milan sebagai pemain pinjaman. Awalnya Juventus meminjamkan Higuain dengan syarat membayar uang muka 18 juta euro dan membayar sisanya 36 juta euro pada akhir musim. 

 

Akan tetapi, Higuain hanya mampu mencetak delapan gol di berbagai ajang buat Milan. Jadinya Milan mengembalikan El Pipita ke Juventus. Chelsea yang melepas Alvaro Morat ke Atletico Madrid giliran meminjam Higuain dari Juventus. 

 

photo
Maurizio Sarri

 

Melihat debut Higuain di Liga Primer Inggris, pelatih Chelsea Maurizio Sarri angkat bicara. Pelatih asal Italia itu memberikan waktu sebulan bagi Higuain menyesuaikan diri dengan permainan Chelsea. Pasalnya, Higuain dianggap belum mampu unjuk gigi melawan Bournemouth. Termasuk ketika merumput bersama Chelsea saat meladeni Sheffield Wednesday di Piala FA. 

 

"Ia harus mengerahkan seluruh kemampuannya dalam sebulan. Jika tidak, ia akan terlambat," ujar Sarri seperti dilansir Squawka. Sarri juga yakin Higuain bisa memberikan pengaruh besar. Saat ini, kata Sarri, Higuain tidak dalam kondisi yang bagus.

Sarri memaklumi, tidak mudah bagi seseorang untuk menyesuaikan diri dengan permainan khas Inggris dengan tempo lebih cepat dibandingkan dengan sepak bola Italia. "Pada pertandingan pertamanya, Higuain berkata permainan sepak bola (di Inggris) begitu agresif," kata mantan pelatih Napoli itu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement