Selasa 29 Jan 2019 22:00 WIB

113 Kepala Suku Papua Barat akan Temui Jokowi

Mereka ingin menyampaikan secara langsung ucapan terima kasih pada Jokowi

Presiden Jokowi meninjau pengerjaan ruas jalan Trans Papua di kilometer 84 ruas Jalan Merauke-Sota, Kabupaten Merauke. Foto: Laily Rachev - Biro Pers Setpres
Presiden Jokowi meninjau pengerjaan ruas jalan Trans Papua di kilometer 84 ruas Jalan Merauke-Sota, Kabupaten Merauke. Foto: Laily Rachev - Biro Pers Setpres

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sebanyak 113 kepala suku berpengaruh dari Papua Barat dijadwalkan akan menemui Presiden Joko Widodo pada pertengahan Februari 2019.

"Hari ini, Selasa 29 Januari 2019, Tim Joko Widodo, segera mengadakan pertemuan khusus membahas tentang agenda di istana itu," kata Sekretaris Tim Soraya Ratu Santu (Sorong Raya Rakyat Bersatu Untuk Nusantara) Eduard Yumame di Jakarta, Selasa (29/1).

Dia menjelaskan, sebelum Tim Jokowi mengadakan pertemuan khusus dalam rangka mematangkan agenda silaturahmi ini, sehari sebelumnya sudah diadakan pertemuan antara Tim Soraya Ratu Santu dengan Tim Joko Widodo. Dalam pertemuan tersebut kedua pihak menyatakan bahwa silaturahmi antara Presidsen Joko Widodo dengan 113 kepala suku sudah final. Waktu pelaksanaannya adalah pada pertengahan Februari mendatang.

Dia mengatakan mereka ingin menyampaikan secara langsung ucapan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo atas karyanya yang dilakukan di Papua dan Papua Barat, khususnya dengan proyek milenialnya, yaitu Trans Papua.

Jalan Trans Papua ini dinilai telah membuka semua isolasi pedalaman yang sulit dijangkau yang menyambungkan jalan provinsi ke kabupaten dan dari kabupaten tersambung ke distrik. Lalu dari distrik tersambung ke kampung-kampung.

Berdasarkan data Kementerian PUPR, capaian pembangunan jalan Trans Papua dalam periode 2015-2018 mencapai 908,8 kilometer (km) terdiri atas 760,57 km di Provinsi Papua dan 147,23 km di Provisi Papua Barat.

Saat ini jalan Trans Papua di Provinsi Papua Barat sudah tembus seluruhnya sepanjang 1.071 km. Total jalan Trans Papua Provinsi Papua Barat yang dibangun periode 2015-2018 sepanjang 153,62 km.

Jalan Trans Papua ini menjadi dasar utama untuk akselerasi ekonomi, sosial dan kebudayaan dalam kerangka pemerataan kesejahteraan seluruh masyarakat Papua.

Selain 113 kepala suku hadir pula dalam silaturahmi dengan Presiden Jokowi adalah tokoh masyarakat, tokoh perempuan, tokoh agama, tokoh akademisi, Ketua DPRD dari lima kabupaten dan satu wali kota di seluruh Wilayah Kepala Burung Sorong Raya Provinsi Papua Barat. Ikut pula sejumah pejabat daerah. Mereka di antaranya lima bupati dan satu wali kota berserta wakilnya dari Papua Barat.

Menurut Eduard, ini adalah rombongan kepala suku terbesar dalam sejarah yang datang menemui Presiden untuk bersilaturahmi. Belum ada rombongan Kepala Suku dari Papua yang datang dalam jumlah sebesar ini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement