Selasa 29 Jan 2019 19:48 WIB

Maduro Siagakan Kekuatan Militer

Trump sempat membuka opsi militer untuk Venezuela.

Rep: Feriga/Afrizal/Lintar/ Red: Teguh Firmansyah
Nicolas Maduro
Foto:
Seorang pria berjalan dengan latar belakang grafiti yang artinya dalam bahasa Spanyol

Senator Republik itu mengatakan Trump sangat hawkish ketika sampai pada masalah Venezuela.  Namun, Axios menyatakan tak ada tanda bahwa Pemerintah Trump berencana menggunakan kekuatan militer di negara Amerika Latin itu. Setiap upaya untuk mendorong perubahan rezim akan dilakukan dengan lewat jalur diplomatik dan ekonomi.

Sanksi minyak

Beberapa negara telah mendukung kepresidenan interim Guaido. Selain AS ada adalah Israel, Kanada, Brasil, Argentina, Cile, Kolombia, Kostarika, Ekuador, Guatemala, Panama, Paraguay, Bolivia, dan Meksiko.

Sementara negara yang tetap mendukung Maduro yaitu Rusia, Turki, Cina dan Iran. Adapun Inggris, Jerman, Prancis, dan Spanyol meminta Maduro mengumumkan pemilihan baru dalam delapan hari ke depan untuk meredakan krisis politik. Jika tidak mereka mengancam akan mendukung oposisi.

Amerika Serikat telah memasukkan perusahaan minyak dan gas bumi milik negara Venezuela ke dalam daftar hitam. Daftar itu dibuat sebagai bentuk upaya meningkatkan tekanan ekonomi dan diplomatik kepada presiden terpilih Venezuela Nicolas Maduro.

Penasihat Keamanan Nasional AS, John Bolton, seperti dilansir Anadolu Agency Selasa (29/1), mengatakan, sanksi akan segera dikenakan pada perusahaan eksportir migas milik negara Venezuela, Petroleos de Venezuela SA (PDVSA). Perusahaan ini adalah eksportir utama dari negara Amerika Selatan.

The Wall Street Journal pada Selasa (29/1) juga melaporkan, AS memberlakukan sanksi terhadap PDVSA sebagai langkah dramatis yang dirancang untuk mendukung oposisi dan melumpuhkan pemerintah Presiden Nicolás Maduro. Sanksi terhadap Petróleos de Venezuela SA, merupakan upaya untuk menyalurkan pendapatan negara itu ke tangan pemimpin oposisi Juan Guaido.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement