Ahad 27 Jan 2019 11:04 WIB

Jokowi Apresiasi Deklarasi Anti-Hoaks Muslimat NU

Deklarasi tersebut bentuk perlawanan terhadap hoaks yang banyak beredar

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Suasana Harlah Muslimat NU ke-73 yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Ahad (27/1).
Foto: Republika/Dessy Suciati
Suasana Harlah Muslimat NU ke-73 yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Ahad (27/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi deklarasi anti-hoaks yang dibacakan oleh Muslimat NU di Gelora Bung Karno, Senayan, Ahad (27/1). Deklarasi anti-hoaks, fitnah dan ghibah dibacakan saat perayaan Hari Lahir Muslimat NU ke-73 dan dipimpin oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama Khofifah Indar Parawansa.

"Ini bagus sekali kalau semua elemen semua ormas seluruh kelompok-kelompok yang ada di daerah di Tanah Air semuanya menyampaikan menyatakan anti hoaks," ujar Jokowi.

Menurut dia, deklarasi anti-hoaks dan fitnah ini merupakan bentuk perlawanan terhadap hoaks yang banyak beredar di masyarakat.

"Saya kira ini sebuah perlawanan banyaknya hoaks yang ada di media sosial. Saya kira ini sebuah gerakan masyarakat, sebuah movement yang sangat bagus untuk negara kita," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama Khofifah Indar Parawansa menjelaskan sanksi yang diberikan terhadap pelaku fitnah dan ghibah merupakan sanksi yang bersifat spiritual. Sedangkan sanksi untuk pelaku penyebar hoaks dapat diberikan melalui UU ITE.

Karena itu, ia berharap deklarasi anti hoaks, fitnah, dan ghibah ini dapat membangun pola pikir masyarakat lebih positif. Hal ini, tambah Khofifah, juga dapat menjadi bagian untuk memperkokoh dan memajukan bangsa.

"Kami berharap kita semuanya membangun diri secara produktif, pola pikir kita juga pola pikir konstruktif dan pola pikir positif," ucapnya.

Deklarasi tersebut berisi empat poin. Pertama menekankan pentingnya penolakan pada hoaks, fitnah, dan ghibah yang dapat memicu perpecahan dan perselisihan bangsa.

Kedua, menegaskan anggota Muslimat tidak akan membuat dan menyebarkan berita bohong, ujaran kebencian, fitnah, dan ghibah. Ketiga, pentingnya membudayakan menyaring berita sebelum menyebar informasi yang diterima. Dan poin terakhir mengingatkan tentang perlunya berpikir positif untuk menguatkan ukhuwah dan persatuan bangsa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement