Sabtu 26 Jan 2019 01:55 WIB

Kiai Maruf Tausiyah Soal Ukhuwah di Tabligh Akbar Kalsel

Kiai Maruf tak lupa mengajak masyarakat berdoa bersama untuk bangsa.

Rep: Muhyiddin/ Red: Indira Rezkisari
KH Maruf Amin
Foto: Antara
KH Maruf Amin

REPUBLIKA.CO.ID, TAPIN -- Calon Wakil Presiden nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin menghadiri acara Banua Bertabligh yang dihadiri lebih 20 ribu jamaah di Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. Dalam tabligh akbat tersebut, Kiai Ma’ruf menyampaikan tausiyah kebangsaan sekaligus mengajak masyarakat berdoa bersama untuk kebaikan bangsa.

"Saya akan memberikan tausiyah soal ukhuwah, soal keutuhan bangsa, sambil saya minta doa supaya sukses," ujar Kiai Ma'ruf di Binuang, Tapin, Kalimantan Selatan, Jumat (25/1) malam.

Baca Juga

Kiai Ma'ruf mengatakan, kehadirannya di acara Banua Bertabligh sebagai bagian dari kegiatan silaturahim yang dijalaninya di Kalimantan Selatan. Di provinsi ini, Kiai Ma'ruf juga telah bersilatuhmi dengan tokoh masyarakat dan berziarah ke makam Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari, ulama besar yang menyebarkan agama Islam di Kalimantan Selatan.

“Orang-orang sini menganggap mereka selain ulama juga Wali,” ujar Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini.

Di kesempatan yang sama, ketua panitia Banua Bertabligh, Rudy Ariffin menjelaskan, penyelenggaraan Banua Bertabligh merupakan aspirasi dari seluruh masyarakat yang hanya ingin Indonesia, khususnya Kalimantan Selatan selalu dalam keadaan damai. Karena itu, dia pun tak sepakat jika kegiatan ini dikaitkan dengan aktivitas politik ketika ditanyai wartawan. Menurut dia, pihaknya sengaja mengundang Kiai Ma'ruf untuk memberikan tausiyah.

"Alhamdulillah kita mengundang pak kiai ke sini, alhamdulillah bisa hadir bersama kita," ucap Rudy.

Menurut perkiraan Rudy, masyarakat yang hadir dalam acara Banua Bertabligh sedikitnya mencapai 20 ribu-an orang. Jumlah itu bisa saja bertambah karena masyarakat sangat antusias mengikuti tabligh akbat yang menghadirkan Kiai Ma'ruf itu. "Mudah-mudahan membawa berkah kepada kita semua," kata Rudy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement