Jumat 11 Jan 2019 14:52 WIB

Pemkot Kendari Beri Sanksi Denda Pembuang Sampah Sembarangan

Warga yang seenaknya membuang sampah bukan pada tempatnya akan didenda Rp 500 ribu.

Warga membuang sampah rumah tangga ke area pesisir pantai (ilustrasi)
Foto: Antara/Rahmad
Warga membuang sampah rumah tangga ke area pesisir pantai (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI -- Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), mulai 2019 ini memberlakukan pemberian sanksi denda bagi warga yang kedapatan sengaja membuang sampah bukan pada tempatnya. "Denda yang akan diberikan bagi setiap warga yang seenaknya membuang sampah bukan pada tempatnya itu sebesar Rp 500 ribu," kata Kepala Dinas Kebersihan Kota Kendari, Paminuddin di Kendari, Jumat (11/1).

Paminuddin mengungkapkan, pemberian sanksi bagi pembuang sampah di sembarang tempat, telah diatur dalam peraturan daerah yang ditetapkan 2015 lalu namun baru diterapkan tahun 2019 ini. "Jadi pemberlakukan Perda pelarangan membuang sampah di sembarang tempat, bertujuan membuat efek jera bagi masyarakat yang belum sadar menjaga kebersihan di Kota Kendari," ujarnya.

Paminuddin menambahkan, meski selama ini pemerintah Kota Kendari mengerahkan ratusan personel kebersihan untuk membersihkan lingkungan perkotaan, namun  masih ada saja warga yang sengaja membuang sampah di sembarang tempat. Terutama di kawasan Teluk Kendari dan tempat-tempat strategi lainnya.

"Sebelum sanksi membayar denda diberlakukan, saat ini kami terus melakukan sosialiasi dengan seluruh unsur masyarakat, agar memahami penerapan Perda kebersihan tersebut," imbuhnya.

Sebagai pendukung sarana kebersihan, Pemerintah Kota Kendari sudah menyiapkan sedikitnya 100 unit becak sampah tersebar di seluruh wilayah kelurahan di sepuluh kecamatan. "Selain itu, ada 100 unit tempat pembuangan sampah (TPS) sementara, juga sedang dibangun di sejumlah kawasan permukiman warga," kata Paminuddin.

Menyediakan TPS sementara disejumlah permukiman warga itu, untuk memudahkan kendaraan operasional yang akan menjemput lalu membawa ke tempat pembuangan akhir di Kecamatan Puuwato.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement