Rabu 09 Jan 2019 03:00 WIB

Stok Darah PMI Kota Cirebon Menipis

Stok darah yang paling sedikit adalah golongan B.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Logo Palang Merah Indonesia (PMI)
Foto: wikipedia
Logo Palang Merah Indonesia (PMI)

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Stok darah di PMI Kota Cirebon menipis. Hal itu menyusul tingginya permintaan darah dari masyarakat, termasuk dari luar daerah.

‘’Saat ini stok darah yang tersedia hanya 142 labu,’’ ujar Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Cirebon, Sugiyanto, Selasa (8/1).

Sugiyanto mengungkapkan, menipisnya stok darah tersebut terutama untuk golongan darah B. Saat ini, stok darah untuk golongan darah B bahkan sudah tidak ada.

Sugiyanto menjelaskan, menipisnya stok darah itu karena tingginya permintaan saat ini. Setiap hari, permintaan darah ke PMI Kota Cirebon berkisar 80 hingga 100 labu. ‘’Bahkan lebih,’’ terang Sugiyanto.

Selain untuk memenuhi kebutuan warga Kota Cirebon, Sugiyanto menyatakan, pihaknya juga membantu daerah lain yang membutuhkan persediaan darah. Dia mencontohkan, pihaknya belum lama ini mengirimkan sekitar 220 labu darah untuk memenuhi permintaan Sukabumi.

Sugiyanto mengungkapkan, untuk memenuhi stok daerah yang menipis, pihaknya akan menggenjot kegiatan donor darah. Menurutnya, dalam beberapa hari ke depan, kegiatan donor darah akan dilaksanakan di sejumlah titik.

‘’Bahkan dalam sehari, ada dua hingga tiga kegiatan donor darah yang akan kami lakukan,’’ tutur Sugiyanto.

Sugiyanto berharap, dengan digenjotnya kegiatan donor darah, maka stok labu darah bisa segera kembali bertambah. Dia pun mengharapkan partisipasi aktif warga, terutama pendonor darah aktif, untuk ikut mendonorkan darahnya. 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement