Kamis 03 Jan 2019 18:45 WIB

Mahasiswa UMM Bertekad Masyarakatkan Psikologi Islam

Diharapkan dapat menemukan solusi ideal khususnya di bidang psikologi.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Gita Amanda
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Alfiesyahrianta Habibie  (kanan).
Foto: Dok UMM
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Alfiesyahrianta Habibie (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Alfiesyahrianta Habibie, bertekad akan memasyarakatkan psikologi Islam di Indonesia. Hal ini diungkapkan setelah terpilih sebagai Koordinator Nasional Ikatan Mahasiswa Muslim Psikologi Indonesia (IMAMUPSI) Pusat Periode 2018/2019, pada Musyawarah Nasional (Munas) IX IMAMUPSI di Universitas Padjajaran (Unpad), Bandung, belum lama ini.

Sebelumnya, Alfi yang merupakan Ketua Umum Kelompok Studi Psikologi Islam (KSPI) IMAMUPSI UMM ini didelegasikan sebagai calon pengurus beserta 20 kandidat lainnya dari berbagai universitas se-Indonesia. Kampus-kampus tersebut di antaranya Universitas Gajah Mada, Universitas Padjajaran, Universitas Indonesia dan universitas lainnya yang menjadi anggota IMAMUPSI.

Alfi menuturkan, terpilihnya ia menjadi koordinator nasional karena lamanya status keanggotaannya dibanding kandidat lain. Selain itu, karena reputasi yang baik IMAMUPSI UMM selama beberapa kali menjadi koordinator nasional.

“Reputasi yang baik diperlihatkan anggota dalam peran aktif pada kegiatan. Terlebih, IMAMUPSI UMM juga pernah terlibat dalam pendirian IMAMUPSI sendiri,” tambahnya melalui keterangan resmi yang diterima Republika.co.id, Kamis (3/1).

Dengan kesempatan tersebut, Alfi bertekad akan meningkatkan kualitas keilmuan terutama pada penelitian ilmiah. Hal ini akan diwujudkan pada penutupan Munas yang akan diselenggarakan di Malang dalam waktu dekat. Dia akan menyajikan simposium dengan pembicara anggota IMAMUPSI sendiri, serta sejumlah tokoh nasional Psikologi Islam.

Sejalan dengan misi IMAMUPSI yang dapat memasyarakatkan psikologi Islam sebagai wacana ilmiah, Alfi mengharapkan anggotanya dapat menambah tulisan-tulisan terkait. “Harapannya kumpulan tulisan dari anggota dapat menerbitkan buku yang bertemakan Psikologi Islam. Sehingga dapat didistribusikan kepada masyarakat umum,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Alfi berencana akan menjalin dan merekatkan ukhuwah Islamiyah antara Kelompok Studi PsikoIogi Islam. Dengan demikian, ia melanjutkan, mampu menemukan solusi-solusi baru dan ideal untuk Islamisasi ilmu pengetahuan, khususnya di bidang psikologi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement