Kamis 03 Jan 2019 14:05 WIB

Paku Alam X Tiadakan Kirab untuk Pernikahan Putranya

Pernikahan putra sulung Paku Alam X akan digelar pada 5 Januari 2019

 Wakil Gubernur DIY Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Paku Alam X
Foto: Antara
Wakil Gubernur DIY Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Paku Alam X

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Penguasa Puro Pakualaman Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Paku Alam X meniadakan kirab pengantin dalam rangkaian prosesi Dhaup Ageng atau upacara pernikahan putranya Bendara Pangeran Harya (BPH) Kusumo Bimantoro dengan Maya Lakshita Noorya pada 5 Januari 2019. Ketua Dhaup Ageng KPH Indrokusumo mengatakan kirab ditiadakan karena Paku Alam X menghendaki prosesi Dhaup Ageng putranya digelar secara sederhana.

"Beliau (Paku Alam X) memang ingin acara (Dhaup Ageng) digelar sederhana, sewajarnya saja. Selain itu di Pakualaman, kirab pengantin memang tidak wajib," ujarnya di Yogyakarta, Kamis (3/1).

Ia mengakui acara kirab pengantin mengelilingi kawasan Puro Pakualaman  pernah digelar dalam prosesi pernikahan putra-putri Paku Alam sebelumnya setelah pengantin menjalani akad nikah. Namun demikian tidak wajib dilaksanakan.

"Dulu memang sempat ada kirab, tapi tidak seperti yang dilakukan di Keraton Yogyakarta. Esensi kirab kan sebetulnya hanya untuk mengumumkan bahwa pengantin sudah sah. Kalau sekarang kan sudah ada media," jelasnya.

Sebagai gantinya, sebutnya panitia akan mendirikan layar lebar di depan Puro Pakualaman, tepatnya di Alun-alun Sewandanan. Melalui layar tersebut warga Yogyakarta dapat menyaksikan secara langsung prosesi pernikahan putra Paku Alam X mulai dari akad hingga selesai.

"Kami juga mengundang warga di sekitar Pakualaman, meski tidak semua, hanya perwakilan-perwakilan saja," kata dia.

Ia menambahkan acara akad nikah akan dilaksanakan pada Sabtu (5/1) pagi di Masjid Besar Pakualaman yang berada di sisi Barat Daya Pura Pakualaman. Setelah itu dilanjutkan dengan rangkaian upacara panggih dan resepsi pernikahan putra Wakil Gubernur DIY itu di Bangsal Sewatama, Puro Pakualaman.

Kusumo Bimantoro yang lahir di Yogyakarta pada 10 April 1992 merupakan sulung dari dua bersaudara putra K.G.P.A.A. Paku Alam X dan G.K.B.R.A.A. Paku Alam. Jenjang pendidikan ditempuhnya di Departemen Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM).

Sedangkan perempuan yang akan ia persunting yakni Maya Lakhsita Noorya lahir di Sleman pada 27 April 1991. Putri dari Mandiyo Priyo dan Rini Wijayanti ini merampungkan pendidikan tingginya di Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan IlmuKesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement