Kamis 03 Jan 2019 00:22 WIB

Pengunjung Wisata Parangtritis Saat Pergantian Tahun Menurun

Penurunan tingkat kunjungan ke objek wisata pantai itu, karena faktor geologis.

Objek wisata Pantai Parangtritis, Bantul.
Foto: Yusuf Assidiq.
Objek wisata Pantai Parangtritis, Bantul.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Jumlah pengunjung ke objek wisata Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada malam pergantian Malam Tahun Baru 2019 menurun. Hal itu jika dibandinglan pada Malam Tahun Baru 2018.

"Jumlah pengunjung ke Pantai Parangtritis pada malam tahun baru 2019 sebanyak 18.100 orang, sedangkan pada malam tahun baru 2018 sebanyak 39.700 orang," kata Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo di Bantul, Rabu (2/1).

Baca Juga

Penurunan tingkat kunjungan ke objek wisata pantai itu, menurutnya karena faktor gelombang tinggi yang melanda perairan pantai selatan Yogyakarta. Kondisi tersebut mengakibatkan minat wisatawan berlibur ke pantai berkurang.

Selain itu, menurut dia, pada malam pergantian tahun dari 2018 ke 2019 Dinas Pariwisata batal mengadakan pentas akhir tahun dalam menyambut tahun baru di Pantai Parangkusumo Parangtritis. Pesta tersebut dipindah ke kawasan wisata Gua Selarong.

"Tidak ada perintah (pemindahan), namun dengan memperhatikan imbauan dari BMKG tentang potensi gelombang tinggi sehingga secara etika pentas seni atau kegiatan akhir tahun di Parangkusumo kami alihkan di Gua Selarong," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Bantul Ni Nyoman Yudiriani mengatakan, berdasarkan data yang dihimpun dinas, pendapatan asli daerah (PAD) dari penarikan retribusi wisata pada malam tahun baru 2019 juga menurun dibanding malam tahun baru 2018.

Ia menyebutkan, PAD pariwisata dengan kunjungan wisata ke Parangtritis sebanyak 18.100 orang itu meraih pendapatan sebesar Rp176 juta, sedangkan kunjungan wisata sebenyak 39.700 orang (malam tahun baru 2018) dengan PAD sebesar Rp140 juta.

Namun demikian, kata dia, pada malam tahun baru 2019, sejumlah objek wisata pantai di sisi barat Bantul juga dikunjungi wisatawan karena terdapat beberapa event perayaan, berbeda dengan malam tahun baru 2018 yang tidak terdata.

Seperti wilayah Pantai Samas dikunjungi sebanyak 800 orang dengan PAD sebesar Rp 7,8 juta. kemudian Pantai Pandansimo sekitar 100 orang dengan PAD sebesar Rp 975 ribu, Pantai Kuwaru dikunjungi 500 orang dengan PAD sebesar Rp 4,8 juta.

"Objek wisata Gua Selarong dikunjungi sekitar 50 orang dengan PAD sebesar Rp 487 ribu dan pengunjung objek wisata Gua Cerme sebanyak 700 orang dengan PAD sebesar Rp 4 juta," kata Nyoman.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement