Sabtu 29 Dec 2018 08:51 WIB

Kemacetan Tol Ciawi Menuju Puncak Capai Dua Kilometer

Sistem satu arah dari Jakarta menuju kawasan Puncak diberlakukan lebih awal.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Endro Yuwanto
Antrean kendaraan memadati pintu keluar gerbang tol Ciawi menuju jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (25/12/2018).
Foto: Antara/Arif Firmansyah
Antrean kendaraan memadati pintu keluar gerbang tol Ciawi menuju jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (25/12/2018).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kondisi arus lalu-lintas menuju kawasan wisata Puncak, di Simpang Pos Polisi Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, terpantau padat, menjelang H-3 Tahun Baru 2019. Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama mengatakan, kemacetan tersebut terjadi sejak pukul 06.00 WIB dari exit tol Ciawi sepanjang dua kilometer.

"Volume kendaraan dari Jakarta mengarah ke Puncak sudah meningkat sejak pagi tadi. Ini terjadi karena kawasan Puncak masih menjadi tempat favorit wisata bagi masyarakat," kata Hasby, Sabtu (29/12).

Tidak hanya itu, kemacetan di sepanjang jalur Puncak di antaranya di Simpang Pasir Muncang, Simpang Pasir Angin, Simpang Mega Mendung, Simpang Taman Wisata Matahari, Simpang Taman Safari, dan Simpang Warung Kaleng. Hal ini harus diwaspadai oleh para pengguna jalan.

Untuk mengurai kemacetan panjang itu, lanjut Hasby, pihaknya memberlakukan sistem satu arah (oneway) dari arah Jakarta menuju kawasan Puncak lebih awal, dari jadwal biasanya yaitu mulai pukul 07.00 WIB. "Tadi kami sudah lakukan satu arah ke atas (Puncak) lebih awal karena volume kendaraan terus meningkat. Satu arah ini kami lakukan sampai pukul 12.30 WIB, namun sifatnya situasional," jelasnya.

Hasby pun mengimbau agar masyarakat yang hendak menuju Cianjur, Cibodas, Ciloto, Taman Bunga, maupun ke Bandung dan sekitarnya untuk menggunakan jalur alternatif via Jonggol maupun Sukabumi karena lebih cepat. "Imbauan pada masyarakat yang akan melakukan perjalanan dari Bogor menuju Cianjur menggunakan jalur alternatif melalui jalur Jonggol Cileungsi dan Cibubur dengan jarak 86 kilometer maupun Tol Bocimi via sukabumi," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement