Jumat 28 Dec 2018 13:38 WIB

Sandiaga Heran Prabowo Kerap Diserang Isu Pelanggaran HAM

Sandiaga mengaku siap membantu Prabowo menjawab tuduhan tersebut.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Bayu Hermawan
Calon Wakil Presiden, Sandiaga Uno
Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Calon Wakil Presiden, Sandiaga Uno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno mengaku tidak khawatir pasangannya calon presiden (capres) Prabowo Subianto yang kerap diserang dengan isu Hak Asasi Manusia (HAM). Ia mengaku siap menjawab segala tuduhan yang dialamatkan kepada mantan Panglima Kostrad itu.

"Ya silakan kita bahas seterang-benderangnya,"  kata Sandiaga di Jakarta Selatan, Jumat (28/12).

Mantan wakil gubernur DKI Jakarta tersebut juga mengaku heran lantaran isu tersebut kerap muncul hanya pada saat jelang pilpres. Menurutnya masyarakat perlu memahami bahwa paham bahwa tudingan tersebut merupakan bentuk dari politisasi kasus untuk menyerang Prabowo.

Selain itu, Sandi juga mengaku tidak mempersiapkan jawaban khusus, karena tudingan bahwa Prabowo terlibat penculikan aktivis pada tahun 1998 sudah dibeberkan secara jelas. "Sebelumnya ada empat presiden ya, ada Gus Dur, ada presiden Habibie, ada Bu Mega, ada Pak SBY, ada Pak Jokowi, ada lima presiden yang diberi kesempatan untuk menuntaskan kasus itu dan memang terbukti tidak ada, jadi mestinya nggak akan jadi masalah utama," ujarnya.

Baca juga: TKN: Isu HAM Diperlukan untuk Buka Rekam Jejak Kandidat

Sebelumnya Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Djoko Santoso tak khawatir terkait hal tersebut. Ia justru heran mengapa isu HAM tidak pernah muncul pada saat Megawati berpasangan dengan Prabowo pada pemilu 2009 lalu.

"Kenapa saat Prabowo berpasangan dengan Megawati isu ini tidak ada?" Ucap Djoko dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Kamis (27/12).

Djoko menilai isu HAM hanya dijadikan sebagai komoditas politik oleh lawan politik Prabowo. Mantan panglima TNI tersebut juga mengaku pihak Prabowo-Sandiaga selalu siap menjawab isu tersebut dalam debat capres.

"Itu sudah kami siapkan, apakah yang menyampaikan capres-cawapres, apakah tim, kita lihat siapa yang menyampaikan, sudah kami siapkan, bahkan tanggal 17 Januari itu debat yang pertama," ucapnya

Isu Hak Asasi Manusia (HAM) jadi salah satu materi debat dalam debat capres cawapres perdana yang akan digelar Komisi Pemiliham Umum (KPU) pada 17 Januari 2018 mendatang. Selain isu HAM, korupsi dan terorisme juga salah satu isu yang diangkat dalam debat perdana nantinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement