Sabtu 15 Dec 2018 13:26 WIB

Jakmania Mulai Tinggalkan Balaikota

Massa The Jakmania berangsur mulai meninggalkan Balaikota usai ikut konvoi Persija.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Bayu Hermawan
Rombongan tim dan pendukung Persija konvoi menuju Balaikota, Sabtu (15/12).
Foto: Republika/Muhammad Ikhwanuddin
Rombongan tim dan pendukung Persija konvoi menuju Balaikota, Sabtu (15/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- The Jakmania mulai meninggalkan Balaikota, setelah ikut dalam konvoi perayaan Persija Juara mulai dari Stadion Utama Gelora Bung Karno ke Balaikota DKI Jakarta. The Jakmania meninggalkan kawasan Balaikota DKI Jakarta dengan tertib.

"Pulang duluan supaya enggak kepenuhan di kereta," kata Danang, salah satu Jakmania asal Depok kepada Republika.co.id, Sabtu (15/12).

Meski massa berangsur-angsur berkurang. Masih banyak Jakmania yang memilih bertahan di lokasi untuk menghindari kemacetan yang terjadi di jalan sekitar Balaikota. "Nanti dulu pulangnya, jarang-jarang  begini, nunggu 17 tahun dulu," ucap Rendi, seorang Jakmania yang bertahan di lokasi.

Pantauan Republika.co.id di luar Balaikota, Jakmania yang mulai membubarkan diri mengakibatkan kepadatan di sekitar stasiun Gambir dan Patung Kuda. Kepadatan disebabkan oleh banyaknya sepeda motor yang digunakan oleh Jakmania.

Baca juga: The Jakmania 'Oranyekan' Jalan Medan Merdeka

Sebelumnya, rombongan tim dan pendukung Persija yang berkonvoi dari Gelora Bung Karno tiba di Balaikota. Seketika, Jalan Medan Merdeka Selatan 'berwarna oranye'.

Rombongan tim Persija Jakarta tiba di Balaikota sekitar pukul 11.00 WIB. Ribuan The Jakmania, pendukung tim Persija, memenuhi Balaikota dan wilayah sekitarnya. Nyanyian dan berbagai yel-yel dari Jakmania turut mendampingi bus tim kesayangannya melaju.

Asap dari kembang api yang memenuhi sekujur jalan depan Balaikota tidak menurunkan gemuruh suara pendukung. Dijadwalkan, rombongan tim dan staff Persija akan disambut oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Lalu lintas di jalan Thamrin, Kebon Kacang, Medan Merdeka Barat untuk sementara macet total.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement