Jumat 14 Dec 2018 19:07 WIB

Sopir Truk Meninggal Setelah Terjebak Macet di Jalur Padang

Tanah longsor membuat jalur utama Padang-Solok macet.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Nur Aini
Truk gandeng (ilustrasi)
Foto: tmcmetro
Truk gandeng (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Seorang pengemudi truk batu bara meninggal dunia saat terjebak macet di jalur utama Padang-Solok, Jumat (14/12) dini hari tadi. Korban bernama Sugianto (52 tahun) diketahui menyetir truk bernopol BA 9916 BU seorang dari dari Sarolangun, Jambi menuju Padang, Sumatra Barat. Namun, longsor yang melanda kawasan Sitinjau Lauik pada Kamis (13/12) malam membuat jalur menuju Padang terputus sepenuhnya. Macet panjang pun tak terhindarkan dan Sugianto memilih beristirahat di Lubuk Selasih, Solok.

Kapolres Arosuka AKBP Ferry Irawan menyebutkan, korban yang merupakan warga Kelurahan Kubang Utara Sikabu, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto tersebut diduga meninggal dunia karena kekurangan oksigen. Diduga, Sugianto menutup pintu truknya rapat-rapat saat menunggu antrean panjang kendaraan di jalur Solok-Padang. Berdasarkan kesaksian Harmaini (57 tahun) yang berada di lokasi kejadian, korban sempat keluar dari truk dan tampak pusing. Sugianto diketahui sempat turun dari truk dan pingsan di dekar rumah Harmaini di di Jorong Lubuk Selasih.

Warga dan sejumlah sopir truk yang juga terjebak macet kemudian melaporkan kejadian hal ini kepada petugas kepolisian yang berjaga. Tak lama kemudian, petugas KBO Sabhara Polres Arosuka Solok, Iptu Nurman Fauzi langsung mengevakuasi korban menuju RSUD Kayu Aro. Namun, nyawa Sugianto tak terselamatkan dalam perjalanan menuju rumah sakit.

"Kata dokter jaga, sebelum sampai di rumah sakit, korban sudah meninggal," kata Kapolres Arosuka AKBP Ferry Irawan, Jumat (14/12).

Ferry menyebutkan, saat ini jasad korban berada di RSUD Kayu Aro. Petugas juga mengamankan sejumlah barang milik korban seperti dompet, jam tangan, cincin, ATM BRI, dan STNK.

Insiden tanah longsor yang melanda kawasan Panorama 2, kawasan Sitinjau Lauik memang sempat menimbulkan kemacetan panjang. Jalur Padang-Solok menjadi favorit bagi pengendara dari Kota Padang yang ingin menuju Bukittinggi, Payakumbuh, atau Batusangkar setelah jalur utama Padang-Bukittinggi lumpuh sejak Senin (10/12) lalu. Longsor yang terjadi tengah malam tadi juga menewaskan satu orang dan 4 orang lainnya luka-kuka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement