Selasa 11 Dec 2018 15:40 WIB

TKD Kalsel: Bergabungnya PAN Makin Kuatkan Kemenangan Jokowi

TKD Kalsel mendatangi kediaman cawapres Ma'ruf Amin.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Bayu Hermawan
Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin
Foto: AP Photo/Achmad Ibrahim
Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf Kalimantan Selatan, Ghimoyo mendatangi kediaman Cawapres nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin di Rumah Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (10/12) malam. Selain melaporkan kondisi terakhir, TKD ingin agar Kiai Ma'ruf hadir disana untuk 'melembutkan hati' warga di sana.

Kiai Ma'ruf menerima Ghimoyo dan rombongan TKD lainnya di ruang tamu kediamannya. Kepada pria yang akrab disapa Abah Ma'ruf itu, Ghimoyo melaporkan soal bergabungnya PAN menjadi pendukung Jokowi-Kiai Ma'ruf.

"Dengan bergabungnya PAN Kalsel ini adalah wujud dari persahabatan serta silaturahmi selama ini. Ini semakin menguatkan kemenangan Pak Jokowi dan Abah di Kalsel," kata Ghimoyo.

"Sahabat dari PAN di Kalsel merasakan betul kerja dan program pemerintahan Pak Jokowi. Masyarakat juga merasakan. PAN tentu tak mau berbeda dengan masyarakat yang mayoritas memilih Pak Jokowi dan Abah Ma'ruf," ujarnya menambahkan.

Ghimoyo melanjutkan, TKD akan terus bergerak memperbesar basis dukungan untuk pasangan nomor urut 01 itu. Komunikasi dengan elemen masyarakat maupun ormas politik di sana akan terus dilakukan.

Satu hal lagi, dari hasil serap aspirasi di lapangan, ternyata ada kerinduan mendalam dari warga masyarakat di Kalimantan Selatan terhadap hadirnya Kiai Ma'ruf. Khususnya dari masyarakat yang tinggal di bagian hulu sungai wilayah Kalimantan Selatan.

Ghimoyo mengatakan bahwa masyarakat rindu akan hadirnya tokoh ulama besar yang membawa kelembutan. Dan itu bisa diberikan oleh seorang Kiai Ma'ruf. "Kedatangan Abah dirindukan, kelembutan dan keulamaannya," ujar Ghimoyo.

Ditambahkannya, sejumlah ulama besar di sana juga sudah menyatakan kesiapan untuk menyambut kehadiran Kiai Ma'ruf. "Insya Allah kehadiran Abah sudah dinantikan," tandasnya.

Menanggapi permintaan tersebut, Kiai Ma'ruf mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat Kalsel terhadap Jokowi dan dirinya. Dirinya tak bisa menolak kalau memang Arus Bawah (grassroot) memang menyatakan dukungan terhadap Jokowi-KH Ma'ruf Amin. Itu yang diikuti oleh DPW PAN.

"Saya memahami bila mereka tak ingin menjadi tak sejalan dengan hati nuraninya. Saya sangat mengapresiasi sikap seperti ini, yang lebih mementingkan aspirasi masyarakat bawah dibanding ikut keputusan pusat," ujar Kiai Ma'ruf.

Kiai Ma'ruf mengatakan dirinya semakin yakin terhadap kemampuan memenangkan Pilpres 2019 di Kalsel. Menyangkut permintaan agar dirinya berdoa bersama rakyat di Kalsel, Kiai Ma'ruf menyatakan dirinya akan hadir dengan seijin Allah SWT.

"Insya Allah akan hadir di Kalsel, karena itu permintaan ulama dan masyarakat," ucap Kiai Ma'ruf.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement