Senin 10 Dec 2018 17:22 WIB

Harga Telur dan Daging Ayam di Sukabumi Terus Naik

Dinas Perdagangan menyebut kenaikan harga akibat pasokan telur berkurang

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pedagang merapikan telur ayam dagangannya di Pasar Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Kamis (27/9).
Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Pedagang merapikan telur ayam dagangannya di Pasar Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Kamis (27/9).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Harga komoditas telur ayam dan daging ayam di pasar tradisional Kota/Kabupaten Sukabumi terus mengalami kenaikan. Diperkirakan harga kedua komoditas ini akan naik hingga awal tahun nanti.

"Harga telur ayam naik jadi Rp 27 ribu per kilogram," ujar Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan, dan Perindustrian Kota Sukabumi Heri Sihombing kepada wartawan Senin (10/12). Sebelumnya harga telur pada akhir Oktober 2018 lalu masih mencapai Rp 22 ribu per kilogram.

Heri menuturkan, harga telur ayam terus merangkak naik. Pada 26 November lalu harga telur ayam menjadi Rp 24 ribu per kilogram.

Hanya saja kini harga di pasaran menjadi Rp 27 ribu per kilogram. Pantauan harga ini dilakukan di Pasar Tipar Gede dan Pasar Pelita Kota Sukabumi.

Selain telur ayam, harga daging ayam juga terus mengalami kenaikan. Saat ini harga daging ayam mencapai Rp 36 ribu per kilogram. Sebelumnya harga daging ayam sebesar Rp 34 ribu per kilogram.

Menurut Heri, kenaikan harga diakibatkan faktor pasokan telur dan daging yang berkurang dibandingkan sebelumnya. Ke depan petugas akan terus memantau pergerakan harga di pasaran dan pasokan telur ke pasaran. Harapannya pasokan telur dan daging bisa kembali normal.

Selain di Kota Sukabumi, harga telur ayam juga dilaporkan naik di Kabupaten Sukabumi. Hal ini didasarkan pantauan petugas Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (DPKUKM) Kabupaten Sukabumi pada awal Desember 2018.

"Harga telur ayam bila dirata-ratakan naik Rp 23.375 per kilogram menjadi Rp 25.688 per kilogram,"ujar Kepala Bidang Perdagangan, DPKUKM Kabupaten Sukabumi Ela Nurlela. Harga telur ayam di Pasar Cisaat misalnya naik dari Rp 23 ribu per kilogram menjadi Rp 25.500 per kilogram.

Di Pasar Cibadak harga telur ayam naik dari Rp 24 ribu per kilogram menjadi Rp 26 ribu per kilogram. Selain itu di Pasar Palabuhanratu dari Rp 24 ribu per kilogram menjadi Rp 26 ribu per kilogram.

Sementara harga daging ayam di Kabupaten Sukabumi rata-rata juga naik dari Rp 33.250 pee kilogram menjadi Rp 34.750 per kilogram. Contohnya di Pasar Cisaat dan Pasar Cibadak harga daging ayam naik dari Rp 35 ribu per kilogram menjadi Rp 38 ribu per kilogram.

Ela menuturkan, pemkab terus memantau pergerakan harga telur dan daging ayam di pasaran. Harapannya harga kedua komoditas tersebut bisa kembali normal. Sehingga kenaikanya tidak memberatkan masyarakat

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement