Kamis 06 Dec 2018 16:15 WIB

Bush dan Penghargaan untuk Tukang Tidur

Di antara yang diundang adalah tukang listrik yang kerap dipanggil keluarga Bush.

Mantan Presiden AS George W. Bush dan Ibu Negara Laura Bush meletakkan tangan mereka di atas peti bekas Mantan Presiden George HW Bush
Foto: AP Photo/Patrick Semansky
Jasad mantan presiden AS George HW Bush disemayamkan di Capitol Rotunda di Washington, Senin (3/12).

Trump memang beda

Sejak menjabat, Trump memang tidak banyak berhubungan dengan para pendahulunya. Sejak pelantikan, ia tidak pernah berbicara dengan Bill Clinton atau Obama.

Trump memang pernah menghubungi Bush senior saat membutuhkan dukungan untuk Hakim Agung Brett Kavanaugh. Carter juga pernah diberi penjelasan mengenai isu Korea Utara. Namun, tidak jelas apakah itu artinya Carter memang berhubungan langsung dengan Trump.

"Sungguh tak biasa sederet mantan presiden dari kedua partai sama-sama tidak menyukai seorang presiden yang berkuasa. Dan ternyata itulah yang terjadi saat ini," ujar profesor sejarah dari Rice University, Douglas Brinkley.

Menurut sang profesor, presiden biasanya menjalin hubungan baik dengan pendahulunya. Namun, ia pun mengakui, ada juga presiden yang tidak dekat dengan pendahulunya. "Bill Clinton akan menghubungi Richard Nixon untuk meminta nasihat soal Rusia," ujar Brinkley. "Harry Truman amat mengandalkan Herbert Hoover. Begitu seterusnya."

Langsung atau tidak langsung, para mantan presiden memang seperti memiliki batas terhadap Trump. Bahkan, kata-kata pedas datang dari kubu Republik sendiri terhadap Trump, sang presiden dari Partai Repub lik.

Bush junior berkali-kali mengonfrontasi isu-isu yang dimainkan Trump meski ia tak menyebutkan nama. Bush junior bahkan pernah memperingatkan publik bahwa politik Amerika "kelihatannya lebih rentan terhadap teori-teori konspirasi dan akal-akalan yang terang-terangan."

Bagaimana dengan mendiang Bush senior? Dalam buku karya Mark K Updegrove, The Last Republicans, Bush senior menyebut Trump seorang "pembual". Saat pemilihan presiden 2016 yang menyandingkan Trump dan Hillary Clinton, Bush senior mengaku ia memilih Hillary. Sedangkan, Bush junior mengaku tak memilih satupun dari kedua nama itu. Trump memang beda. n reuters/ap

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement