Rabu 28 Nov 2018 14:40 WIB

Keluarga di Jabar Didorong Buat Perpustakaan Rumah

Langkah tersebut diharapkan bisa mendorong minat baca keluarga.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Gita Amanda
Atalia Praratya Kamil.
Foto: Dok Humas Pemkot Bandung
Atalia Praratya Kamil.

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG -- Bunda Literasi Provinsi Jawa Barat, Atalia Praratya, mendorong agar keluarga-keluarga di Jawa Barat memiliki perpustakaan mini di rumahnya. Langkah tersebut diharapkan bisa mendorong minat baca keluarga dan mendekatkan anak kepada buku bacaan.

"Harapannya, keluarga didorong gemar membaca melalui perpustakaan rumah," ujarnya disela-sela acara Festival Literasi di Gedung Budaya Sabilulungan, Kabupaten Bandung, Rabu (28/11).

Menurutnya, meski tergolong cukup minat baca masyarakat di Jawa Barat masih harus terus didorong secara luas. Pihaknya juga akan berjejaring dengan masyarakat untuk meningkatkan minat baca dengan melantik Bunda Literasi tingkat Kecamatan.

Ia menuturkan, pihaknya terus mendorong agar keluarga memiliki ruang di rumahnya untuk dibuat perpustakaan. Sehingga, kapan saja orang tua bisa memberikan dongeng kepada anaknya termasuk melatih anak agar lebih kritis dengan cara membaca.

Dirinya menambahkan, selain mendorong agar masyarakat gemar membaca pihaknya juga mendorong agar pembuatan buku di Jawa Barat diperbanyak. Sehingga masyarakat bisa lebih memiliki banyak pilihan dalam membaca.

"Keteladanan menjadi hal yang penting dalam mendorong minat baca di Jawa Barat lebih baik," katanya.

Sementara itu, Bunda literasi Kabupaten Bandung, Kurnia Agustina Dadang M Naser mengungkapkan berbagai upaya terus dilakukan agar anak di Kabupaten Bandung bisa menyukai kegiatan membaca. "Anak usia SD maupun SMP harus ada lomba rutin dengan gaya mereka masing-masing," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement