Selasa 20 Nov 2018 16:13 WIB

UMY Jalin Kerja Sama dengan Pemda untuk Kemaslahatan Umat

Kerja sama dilakukan untuk membangun Negeri demi kemaslahatan umat.

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Gita Amanda
Wakil dari 11 Pemda di Jawa dan Luar Jawa deklarasi bersama dan tiga kabupaten menandatangani nota kesepahaman dengan UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) pada acara 1st Goverment Gathering.
Foto: Republika/Neni Ridarineni
Wakil dari 11 Pemda di Jawa dan Luar Jawa deklarasi bersama dan tiga kabupaten menandatangani nota kesepahaman dengan UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) pada acara 1st Goverment Gathering.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjalin kerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) baik di Jawa maupun Luar Jawa. Kerja sama dilakukan untuk membangun Negeri demi kemaslahatan umat.

Hal itu disampaikan Kepala Lembaga Kerja sama dan Urusan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Eko Priyono dalam acara  1st Goverment Gathering bertema “Strategi Inovatif dan Kreatif Pemerintah dalam Menghadapi Era Disruptif", di Asri Medical Centre, Yogyakarta, Selasa (20/11). Pada kesempatan ini juga ada pameran produk inovasi sebanyak 18 stan yang berasal dari beberapa prodi di UMY dan beberapa  Pemerintah Daerah. 

Goverment Gathering yang baru pertama kali dilakukan ini dihadiri oleh 11 kabupaten yakni Kabupaten Pemalang,  Kabupaten Sorong, Kabipaten Bantul, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Pinrang, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Klaten, dan Kabupaten Boyolali.

Sementara itu Wakil Rektor UMY bidang Kerja sama dan Internasioal Achmad  Nurmandi yang juga membuka acara ini mengatakan UMY merayakan inovasinya  dengan mengundang wakil dari pemerintah daerah. Tujuannya memperbanyak kerja sama.

"Yang ingin kami capai melembagakan kerja sama dalam bentuk kegiatan riil . Sehingga bermanfaat bagi masyarakat sesuai misi UMY, untuk kemaslahatan umat. Pada kesempatan ini pemerintah daerah menyampaikan strategi daerah dan UMY  menyampaikan program-programnya," ujarnya.

Dari pertemuan ini, kata Nurmandi, bisa mendatangkan banyak transaksi, minimal transaksi dan mengkomunikasikan apa yang dihasilkan oleh kampus dan ditawarkan kepada Pemda.”Harapan kami juga bisa mendapatkan transaksi ekonomi yang menguntungkan kedua belah pihak, karena kampus sumber ide,” ujarnya.

Ada banyak produk yang diciptakan melalui kegiatan intelektual di kampus dan bisa ditawarkan kepada Pemda. Seperti batu bata ringan dari kotoran sapi atau sekam untuk membangun jalan dan lain-lain.

Untuk memperkuat komitmen, Pemda DIY dan UMY bersama menandatangani deklarasi untuk menggali, mengembangkan dan memaksimalkan setiap potensi yang ada sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi. Pada kesempatan ini Kabupaten Pacitan, Pinrang dan Sorong akan menindaklanjuti kerja sama dengan UMY dengan menandatangani nota kesepahaman yang berpusat pada potensi daerah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement