Selasa 20 Nov 2018 14:04 WIB

BPOM Beri Capacity Building untuk Tiga Negara OKI

Diharapkan sistem peraturan obat dan pangan di negara-negara tersebut bisa sustain

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Gita Amanda
BPOM
BPOM

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah memberikan capacity building transfer pengetahuan bidang pangan dan obat untuk tiga negara-negara anggota Organisasi Kerja sama Islam (OKI) yaitu Palestina, Tunisia, dan Maroko. Bahkan, permohonan pemberian capacity building BPOM juga sudah diajukan oleh negara anggota OKI lainnya yaitu Kazakhstan dan Yordania.

Kepala BPOM Penny K. Lukito mengaku, BPOM sudah sejak lama memberikan proses capacity building transfer pengetahuan terkait penguatan sistem peraturan di bidang pangan dan obat ke negara-negara yang level kemajuan ekonominya dan teknologinya tidak semaju Indonesia seperti Palestina. "Karena itu, kami (BPOM) berkontribusi mendukung negara-negara tersebut, termasuk dalam beberapa bulan ini memberikan training, capacity building di beberapa negara (anggota OKI) seperti Palestina, Tunisia, dan Maroko. Ke depannya, negara-negara lain seperti Yordania dan Kazakhstan juga meminta pendampingan (capacity buikding dari BPOM)," katanya saat konferensi pers The 1st Meeting of the Heads of National Medicines Regulatory Authorities (NMRAs) from the Organization of Islamic Cooperation Member States, di Jakarta, Senin (19/11) lalu.

Ia menambahkan, pemberian capacity building dilakukan dengan beberapa opsi yaitu pihak BPOM yang datang ke tiga negara itu atau sebaliknya, mereka yang mendatangi Tanah Air termasuk dalam forum NMRAs yang akan digelar di Jakarta 21 November 2018-22 November 2018 mendatang. Dengan diberikannya capacity building pada tiga negara anggota OKI tersebut, ia berharap diharapkan sistem peraturan obat dan pangan di negara-negara tersebut bisa sustain dan menjadi lebih baik. Ia menegaskan, negara-negara anggota OKI harus bersiap menghadapi dunia internasional yaitu negara-negara yang telah menghasilkan produk obat baru. 

Sebelumnya, Indonesia akan menjadi tuan rumah pertemuan dengan negara organisasi kerja sama Islam (OKI) yaitu the 1st Meeting of the Heads of National Medicines Regulatory Authorities (NMRAs) from the Organization of Islamic Cooperation Member States di Jakarta pada 21 November-22 November 2018. Pertemuan Indonesia dengan negara-negara OKI akan menjadi forum berbagi pengetahuan, bertukar informasi, hingga membangun jejaring.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement