Sabtu 17 Nov 2018 10:35 WIB

PDIP Mulai Safari Pemenangan Jokowi-Ma'ruf

PDI Perjuangan melakukan road show safari kebangsaan ke seluruh daerah di Indonesia.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Ratna Puspita
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memulai safari kebangsaan demi memenangkan pasangan calon (paslon) Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. Perjalanan dilakukan dengan menggunakan bus menelusuri delapan kabupaten/kota di wilayah Jawa Barat dan Jawa Timur.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto memimpin rombongan yang diberangkatkan dari kantor pusat partai itu, di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (17/11) pagi. Ketua DPP PDIP bidang organisasi Djarot Saiful Hidayat, yang juga mantan gubernur Jakarta, ikut di dalam rombongan.

Sebelum berangkat, seluruh rombongan berkumpul di lobi gedung DPP PDIP itu, di depan lukisan Bung Karno dan sebuah sepeda onthel tua. Doa lalu dipanjatkan, memohon keselamatan dan berkat dari Allah SWT, dipimpin Ketua DPP Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Yayan Sopyani Alhadi.

Usai berdoa, rombongan bergerak ke bus yang disiapkan. Kata Hasto, rombongan sengaja menggunakan bus umum, bukan bus milik sendiri seperti yang dilakukan parpol lain.

"Agar bisa melibatkan berbagai elemen masyarakat di dalam kegiatan partai," kata Hasto dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu (17/11).

Perjalanan itu dilakukan atas perintah Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, memastikan soliditas kader partai di lapangan. Khususnya dalam upaya memenangkan pasangan nomor urut 01 Jokowi-KH Ma'ruf di Pilpres 2019.

Kota pertama yang akan dituju adalah Kabupaten Bekasi, dilanjutkan ke Karawang, dan Indramayu di Jawa Barat. Dijadwalkan, Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Tb Hasanuddin, bergabung ke rombongan di sejumlah titik yang akan dituju.

"Kita memastikan Tiga Pilar Partai, struktur partai, legislatif dan calon anggota legislatif bergerak di lapangan dalam upaya memenangkan pileg dan pilpres," kata Hasto.

Sebelumnya, PDI Perjuangan akan melakukan road show safari kebangsaan ke seluruh daerah di Indonesia. Langkah ini untuk memperkuat struktur partai sekaligus dukungan kepada Jokowi-Ma’ruf. 

Hasil Rakernas TKN Jokowi-Ma'ruf di Surabaya memutuskan, seluruh parpol koalisi pendukung capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf wajib melakukan konsolidasi organisasi dan sosialisasi ke masyarakat terkait keberhasilan Presiden Jokowi," kata Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan. “Tim dari DPP PDI Perjuangan yang dipimpin Hasto Kristiyanto akan melakukan road show safari kebangsaan ke Jawa Barat dan Jawa Timur pada pekan ini," kata dia.

Ketua DPP PDI Perjuangan Idham Samawi akan melakukan safari kebangsaan ke DI Yogyakarta. Safari akan dilanjutkan ke Sumatera, yakni Lampung, Sumsel, dan Jambi.

"Tim dari DPP akan mengunjungi struktur partai di daerah, kepala daerah dari PDI Perjuangan, anggota legislatif di semua tingkatan dari daerah tersebut, serta caleg," katanya.

Hasto menegaskan, road show safari kebangsaan yang dipimpinnya akan melakukan perjalanan darat dari Jakarta menyusuri pantai utara Pulau Jawa dan melakukan konsolidasi di sejumlah lokasi di Jawa Barat.

"Saya juga dijadwalkan akan meresmikan kantor DPC PDI Perjuangan di Lamongan Jawa Timur, yang dibangun secara gotong-royong," katanya.

Hasto menjelskan safari politik kebangsaan ini sasarannya untuk menggelorakan kembali nasionalisme rakyat, memanfaatkan hari pahlawan di mana kesatupaduan elemen bangsa bersatu untuk kejayaan Indonesia.

"Masyarakat perlu diingatkan, soal semangat nasionalisme para pejuang kemerdekaan, serta melakukan pengecekan pada tiga pilar partai di dalam memenangkan pemilu 2019," katanya. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement