Sabtu 17 Nov 2018 00:07 WIB

Startup Nations Summit Dorong Anak Muda Jadi Pengusaha

Kota Surabaya bisa menjadi tuan rumah SNS 2018 itu setelah melalui proses panjang

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Esthi Maharani
Tri Rismaharini
Foto: dok. Republika
Tri Rismaharini

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini didampingi Kepala Badan Ekonomi Kreatif RI Triawan Munaf,  dan Presiden Global Enterpreneurship Network (GEN) Global, Jonathan Ortman secara resmi membuka Startup Nations Summit (SNS) 2018 yang digelar di Grand City Mall Surabaya, Jumat (16/11). Pembukaan acara yang digelar selama dua hari itu, ditandai dengan pemukulan gong, kemudian dilanjutkan dengan dua atlet panahan Surabaya yang memanah balon, hingga terbukalah Banner bertuliskan “welcome to Surabaya” dan “Startup Nations Summit Surabaya 2018”.

Risma menjelaskan, Kota Surabaya bisa menjadi tuan rumah SNS 2018 itu setelah melalui proses panjang. Ia mengaku ngotot untuk menjadi tuan rumah gelaran tersebut karena ingin membangunkan anak-anak muda Surabaya menjadi entrepreneur atau pengusaha.

“Alasannya, anak-anak Surabaya ini tidak perlu mencari dan menunggu lowongan pekerjaan, tapi sudah saatnya untuk bisa menciptakan pekerjaan sendiri,” kata Risma.

Risma menjelaskan, 40 persen penduduk Kota Surabaya itu merupakan usia muda. Itu lah mengapa dia ingin anak-anak Surabaya dan anak-anak lainnya di Indonesia bergerak mengikuti perubahan zaman. Artinya, anak-anak muda yang lebih kreatif, dan mampu memaksimalkan potensinya. Tidak saja untuk dirinya sendiri, melainkan juga untuk kemajuan daerah, bahkan negaranya.

“Makanya, saya buat acara selama sekitar satu minggu dengan menggandeng SNS, Bekraf, dan juga menggelar acara Innocreativation untuk membuat shock. Sehingga anak muda yang berjiwa pengusaha dan sedang merinti usaha, bisa bergerak dan berani mengambil keputusan,” ujar Risma.

Wali kota perempuan pertama di Kota Pahlawan itu juga mengaku sangat bersyukur karena warga Surabaya mau diajak untuk berwirausaha dan saat ini pergerakannya sangat pesat. Hal itu terlihat dari banyaknya peserta Pahlawan Ekonomi dan Pejuang Muda yang rutin digelar setiap minggunya.

“Saya mulai dengan 89 kelompok dan saat ini sudah mencapai 9.500 lebih kelompok yang tumbuh di Surabaya. Tentunya saya masih ingin banyak lagi startup yang tumbuh,” kata dia.

Risma berharap, event SNS 2018 itu bisa menjadi acara kolaborasi terbesar di Indonesia dalam dunia startup. Melalui acara itu, Risma juga berharap pembuat kebijakan akan semakin mensupport para pelaku entrepreneur dan pelaku industri kreatif, demi masyarakat dan generasi bangsa ke depannya.

Presiden Global Enterpreneurship Network (GEN) Global, Jonathan Ortman mengatakan, Startup Nations Summit ini adalah pertemuan di tingkat global yang menghadirkan menteri dan pejabat pemerintahan. Nantinya, mereka akan membahas bagaimana menciptakan peluang kerja dan entrepreneur bagi kota dan negaranya masing-masing.

“Mereka juga akan membicarakan target ekonomi dan mencari cara baru untuk menciptakan kesempatan entrepreneur yang lebih besar,” kata Jonathan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement