Senin 12 Nov 2018 23:00 WIB

Perum Damri Layani Trayek Baru Sekayu-Palembang

Ada dua unit bus yang beroperasi dengan tarif Rp 30.000 untuk satu kali perjalanan.

Rep: maspril aries/ Red: Dwi Murdaningsih
Bis Damri
Bis Damri

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG – Perum Damri di Sumatra Selatan (Sumsel) mempeeluas jangkauannya ke beberapa kabupaten dan kota di daerah ini. Kini Damri memperluas layanannya dengan membuka trayek baru Sekayu (ibu kota Kabupaten Musi Banyuasin) menuju Palembang pulang pergi.

Senin (12/11) trayek baru Damri dari Sekayu – Palembang yang berjarak sekitar 121 km diresmikan ditandai dengan peluncuran bus Damri dari Sekayu oleh Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex.

“Ada dua unit bus yang beroperasi dengan tarif Rp 30.000 untuk satu kali perjalanan. Fasilitas nyaman dan aman,” kata Bupati Dodi Reza Alex.

Menurut Dodi, operasional bus Damri AKDP (antar kota dalam provinsi ) dari Sekayu menuju Palembang merupakan tahap awal. Ke depan akan diperluas guna mengakomodir masyarakat di kecamatan lainnya di Kabupaten Musi Banyuasin.

Untuk memberi rasa aman dan nyaman bagi penumpangnya, Pemerintah Kabupaten Muba akan terus berkoordinasi Perum Damri. “Walau ada jaminan asuransi bagi penumpang, kita meminta Perum Damri memperhatikan aspek keselamatan. Penumpang diberikan asuransi Jasa Raharja. Ke depan jika animo masyarakat tinggi menggunakan bus Damri, tahun depan operasional minta sekitar 3 unit bus,” ujarnya.

Bus Damri Sekayu – Palembang menurut Bupati Dodi bisa menjadi kendaraan feeder untuk transsportasi massal LRT di Palembang. “Damri dari Sekayu menjadi pengumpan bagi warga Musi Banyuasin yang ingin ke Palembang dan naik LRT ke pusat kota. Turun dari Damri bisa langsung menuju stasiun LRT,” katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pathi Ridwan mengatakan operasional angkutan bus Damri Sekayu - Palembang dan Palembang - Sekayu beroperasi setiap hari dengan jam operasional dari Sekayu –Palembang berangkat pukul 06.00 WIB dan sore pukul 16.00 WIB dan dari Palembang – Sekayu berangkat pagi pukul 05.00 WIB dan sore pukul 16.00 WIB.

“Untuk stasiun keberangkatan dari Sekayu dipusatkan di terminal Randik dan di Palembang berangkat dari Pool Damri Km 5, Pool Damri Km 9 dan Pool Damri Terminal Alang-Alang Lebar,” ujarnya.

Sebelum membuka trayek Sekayu – Palembang, Perum Damri juga telah melayani penumpang trayek Muara Enim –Palembang pulang pergi yang sudah beroperasi sejak pertengahan 2018 lalu.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement