Sabtu 10 Nov 2018 13:58 WIB

'Tangkal Hoaks dengan Verifikasi Data'

Verifikasi data mampu menangkal hoaks.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ani Nursalikah
Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi saat memberikan materi dalam Pelatihan Jurnalistik Milenial di Gedung Republika, Sabtu (10/11).
Foto: Republika/Elba Damhuri
Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi saat memberikan materi dalam Pelatihan Jurnalistik Milenial di Gedung Republika, Sabtu (10/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatihan Jurnalistik Milenial Republika memberikan edukasi kepada masyarakat tentang verifikasi data dengan benar. Kepala Republika.co.id, Elba Damhuri mengatakan, pelatihan ini akan memberikan pemahaman yang benar dan objektif.

"Agar masyarakat generasi milenial tahu dasar-dasar jurnalistik yang benar," ucapnya, Sabtu (10/11).

Baca Juga

Elba menambahkan, di era sekarang banyak berita hoaks beredar sehingga memperkeruh dan meresahkan masyarakat. Verifikasi data dilakukan dengan memeriksa kembali apakah media yang menampilkan berita dan narasumbernya kredibel.

"Disini Republika mempunyai cara dan prinsip dasar jurnalistik untuk mendukasi masyarakat secara ringan dan faktual," ucapnya.

Elba mengatakan perbedaan Pelatihan Jurnalistik Milenial Republika dengan pelatihan lain adalah pelatihan yang dihelat Republika merupakan multiplatform. "Ada materi dan langsung praktik videografi dan fotografi hanya menggunakan ponsel," ucapnya.

Pelatihan ini juga didukung banyak permintaan dari beberapa kota. "Daerah Sumatra, Bandung, NTB. dan Jakarta pun banyak," ucapnya.

Saat ini saja banyak yang antusias melebihi kuota. "Kami ingin membangun komunitas yang sadar informasi. Nanti juga akan ada duta masyarakat yang memberikan edukasi benar tentang hoaks," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement