Jumat 09 Nov 2018 17:25 WIB

Caleg Eks Koruptor akan Diumumkan Resmi di Website KPU

KPU sudah melakukan kerja sama dengan KPK.

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Muhammad Hafil
Penyaringan caleg mantan koruptor
Foto: republika
Penyaringan caleg mantan koruptor

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy'ari, mengatakan nama 40 caleg yang merupakan mantan narapidana korupsi akan diumumkan secara detail di laman resmi (website) KPU. Pengumuman itu akan mancantumkan lembaga perwakilan beserta parpol asal caleg tersebut.

"Nanti akan kami umumkan siapa saja namanya di website KPU. Kemudian juga akan disebutkan lembaga perwakilannya apa? apakah DPR, DPRD provinsi, kabupaten atau kota, daerah pemilihannya (dapil) beserta parpolnya," ujar Hasyim kepada wartawan di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (9/11).

Terkait dengan data mantan caleg eks koruptor ini, KPU sudah melakukan kerja sama dengan KPK. Dalam hal ini KPK memberikan kepastian data tentang para eks koruptor yang menjadi caleg.

Dengan demikian, KPU tidak akan melakukan pengumuman caleg eks koruptor di TPS. "Kalau di TPS nanti malah akan jadi alat kampanye. Paling tidak pengumumannya di website KPU. Jadi nanti ditayangkan di sana kemudian bisa dikutip oleh siapa pun," lanjut Hasyim.

"Nanti malah dikira kami mengampanyekan orang itu. Kan bisa saja terkesan orang menjadi terdzolimi misalnya. Tetapi, bagaimana kalau malah dianggap jutsru kita mengkampanyekan orang tersebut. Kan bukan tugas KPU mengkampanyekan seperti itu (caleg eks koruptor)," ungkap Hasyim.

Karena itu, Hasyim menegaskan jika pengumuman di laman resmi KPU akan dilakukan secepatnya. "Kami masih membahasnya, nanti kami akan umumkan segera. penayangannya secara terus menerus, artinya sepamjang tidak diturunkan ya masih ada," tambah dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement