Rabu 07 Nov 2018 14:42 WIB

Menteri PAN-RB: Seleksi CPNS Kompetitif

Peminat CPNS mencapai 3,5 juta orang.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Muhammad Hafil
Menpan RB, Syafruddin
Foto: Kemenpan RB
Menpan RB, Syafruddin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Syafruddin menanggapi banyaknya peserta calon pegawai negeri sipil yang tidak lolos tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Menurutnya, seleksi CPNS memang sangat kompetitif mengingat sedikitnya peserta yang diterima dibandingkan pendaftar.

"Memang peminatnya kan 3,5 juta orang. Sedangkan yang akan diangkat atau dikukuhkan jadi PNS kan nanti 234 ribu. Sangat kompetitif. Itu tidak cukup satu banding 10. Jadi memang banyak yang enggak lulus, konsekuensinya begitu," kata Syafruddin, di Jakarta Convention Center, Rabu (7/11).

Terkait banyaknya pendaftar CPNS, Syafruddin menilai hal itu menunjukkan persembahan pemerintah untuk anak bangsa. Menurut dia, seluruh anak bangsa harus diakomodasi keahliannya sehingga dapat menjadi sumber daya manusia yang bermanfaat bagi Indonesia.

Untuk memilih anak bangsa terbaik, tentu diperlukan seleksi yang ketat. "Ini kita buka lapangan kerja tapi tentu melalui seleksi. Kenapa seleksi? Karena kita meginginkan kompetitif. Kita ingin SDM itu punya akasesibilitas, punya kompetensi," kata Syafruddin melanjutkan.

Para pekerja yang bekerja untuk publik harus memiliki kredibilitas yang baik sehingga masyarakat bisa percaya dengan negaranya. Hal itulah yang dikejar oleh pemerintah agar pelayanan kepada masyarakat dapat menjadi lebih baik lagi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement