Senin 05 Nov 2018 22:24 WIB

Bupati Indramayu Ajukan Surat Pengunduran Diri

Bupati dikabarkan mundur karena urusan keluarga.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Teguh Firmansyah
Bupati Indramayu Hj Anna Sophanah
Foto: dok. Diskominfo Kabupaten Indramayu
Bupati Indramayu Hj Anna Sophanah

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Bupati Indramayu, Anna Sophanah, dikabarkan telah mengajukan surat pengunduran diri dari jabatannya sebagai orang nomor satu di Kabupaten Indramayu.

Kabar itu dibenarkan oleh Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Azun Mauzun. Dia mengatakan, surat pengajuan pengunduran diri Anna Sophanah itu masuk ke Sekretariat DPRD Kabupaten Indramayu pada 30 Oktober 2018.

Azun menyebutkan, alasan Anna mengundurkan diri adalah karena alasan keluarga.

"Alasannya mengurus orang tua dan suami sehingga takut tidak fokus (dalam menjalankan tugasnya sebagai bupati), takut membuat rakyat terlantar," ujar Azun kepada Republika.co.id, Senin (5/11) malam.

Azun menilai, alasan yang disampaikan bupati itu kurang etis. Pasalnya, bupati telah mengorbankan jutaan rakyat Indramayu hanya karena alasan keluarga. Apalagi, bupati telah disumpah dibawah Alquran untuk menjalankan tugasnya selama lima tahun.

"Menurut saya, alasan pengunduran diri bupati itu kurang urgent," kata Azun.

Azun mengatakan, untuk lebih jelasnya, bupati akan menyampaikan sendiri surat pengunduran diri itu dalam rapat paripurna pada Rabu (7/11) mendatang. Setelah itu, DPRD Indramayu akan membahas surat tersebut.

Anggota FPKB lainnya, Dalam, saat dikonfirmasi, juga membenarkan pengunduran diri Bupati Anna Sophanah itu. Menurutnya, surat pengajuan pengunduran diri tersebut sudah masuk ke DPRD Indramayu. "Tidak tahu alasan mundurnya karena apa. Nanti beliau sendiri yang akan menyampaikan di sidang paripurna (Rabu)," kata Dalam.

Ketua DPRD Indramayu, Taufik Hidayat, hingga berita ini diturunkan, belum bisa dikonfirmasi.

Baca juga, Bupati Indramayu Raih Penghargaan IPHI.

Seperti diketahui, Anna Sophanah - Supendi ditetapkan oleh KPU Indramayu sebagai bupati dan wakil bupati Indramayu terpilih periode 2016-2021. Penetapan itu dilakukan melalui rapat pleno yang digelar di kantor KPU setempat, Sabtu, 23 Januari 2016.

Keputusan tersebut tertuang dalam Keputusan KPU Kabupaten Indramayu Nomor : 02/Kpts/KPU-Kab/Im.011.329110/I/2016 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Indramayu Terpilih Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu Tahun 2015. Keputusan itu ditandatangani oleh Ketua KPU Kabupaten Indramayu, Moh Hadi Ramdlan.

Anna Sophanah-Supendi diusung oleh Gerindra, PKS, dan Demokrat. Pasangan itu juga didukung oleh Partai Golkar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement