Senin 05 Nov 2018 15:51 WIB

Kemenpan-RB Bantah Ada Kebocoran Soal Seleksi CPNS

'Jadi, siapa yang pintar dan memenuhi persyaratan dia pasti dapat.'

Seleksi CPNS.
Foto: Antara.
Seleksi CPNS.

REPUBLIKA.CO.ID, SUNGAILIAT -- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) menyatakan tidak ada kebocoran soal tes seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Sebab, soal sudah dikunci dengan mode enskripsi.

"Mengenai isu adanya kebocoran soal pelaksanaan seleksi CPNS, itu tidak benar karena soal tersebut sudah dikunci sedemikian rupa dengan mode enskripsi penuh," kata Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan Sumber Daya Manusia Aparatur Kemenpan- RB, Arizal di Sungailiat, Senin (5/11).

Dia mengatakan, soal tes CPNS dibahas dan dibentuk oleh Kementerian Pendidikan bersama 15 perguruan tinggi ternama di Indonesia seperti Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada dan lainnya. Menurut dia, peredaran soal juga diawasi oleh Badan Siber Indonesia di semua media sosial dan aplikasi lainnya. 

"Soal tidak dipegang oleh sembarang orang atau badan. Badan Siber kita yang paling andal milik negara ini terus memantau itu. Jadi, siapa yang pintar dan memenuhi persyaratan dia pasti dapat," katanya.

Pelaksanaan tes CPNS 2019 sangat ditekankan perihal kedisiplinan. Hal tersebut dikarenakan perihal kedisiplinan memang harus ditekankan sejak awal dan Kemenpan-RB sangat menginginkan aparatur sipil negara (ASN) kedepan lebih baik dari segi kedisiplinan.

''Peserta sekian jam harus ada di lokasi, ada ruang tunggunya sebelum tes sebab ada aturan mainnya," katanya.

Dia menambahkan, standar operasional prosedur (SOP) Badan Kepegawaian Negara Nomor 8 tentang Seleksi CPNS, proses seleksi yang transparan serta berkeadilan merupakan fokus utama pemerintah dalam menyeleksi pelaksana tugas jalannya roda pemerintahan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement