Jumat 02 Nov 2018 16:33 WIB

Massa Aksi Bela Tauhid II Mulai Membubarkan Diri

massa mulai membubarkan diri dari sekitar Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Bayu Hermawan
Massa Aksi Bela Tauhid II berunjukrasa di Patung Kuda Monas, di  persimpangan Jalan MH Thamrin dan Jalan Medan Merdeka, Jumat (2/11).
Foto: Republika/Umar Mukhtar
Massa Aksi Bela Tauhid II berunjukrasa di Patung Kuda Monas, di persimpangan Jalan MH Thamrin dan Jalan Medan Merdeka, Jumat (2/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Massa Aksi Bela Tauhid II perlahan mulai membubarkan diri. Berdasarkan pantauan Republika.co.id, massa mulai membubarkan diri dari sekitar Patung Kuda, Jakarta Pusat, pukul 15.30 WIB.

Sebelumnya, dipimpin para orator, sebagian massa menggelar salat Ashar berjamaah baik di jalanan maupun di taman Patung Kuda sembari menunggu perwakilan Istana hadir ke tengah massa.  Usai menunaikan salat ashar, orator kemudian memimpin doa bersama, lalu satu demi satu peserta pun berbalik arah menuju Masjid Istiqlal. 

Mulanya, massa direncanakan bergerak dari Masjid Istiqlal menuju Istana Negara. Para peserta berjalan keluar dari pintu utama Masjid Istiqlal, mengitari lapangan silang Monas, dan berjalan menuju Istana Negara melalui jalan Medan Merdeka Barat. 

Namun, aparat kepolisian memasang kawat berduri tepat di Jalan Medan Merdeka Barat sehingga seluruh peserta tertahan dan terpusat di kawasan Patung Kuda. Para peserta dan koordinator massa pun kecewa dan menunggu pihak Istana untuk bisa menemui massa. 

Hingga pukul 16.00, massa terus berkurang sementara orator dan sebagian peserta masih tetap menunggu perwakilan Istana untuk bisa mendengarkan aspirasi dari massa Aksi Bela Tauhid. "Kita tunggu Istana tapi kita taat aturan.  Kita tetap menunggu sampai pukul 18.00," kata pemimpin aksi dari atas mobil komando.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement