Jumat 02 Nov 2018 14:30 WIB

Bandung Jajaki Kerja Sama Lingkungan dengan Jepang

Pemkot Bandung juga akan menjajaki kerja sama ketenagakerjaan.

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Dwi Murdaningsih
Wali Kota Bandung Oded M Danial bersama wakilnya, Yana Mulyana, mencoba promo naik transportasi publik Trans Metro Bandung (TMB) cuma Rp 500 dengan menggunakan sistem tiket elektronik Bandung Smart Card (BSC), Jumat (28/9).
Foto: Republika/Edi Yusuf
Wali Kota Bandung Oded M Danial bersama wakilnya, Yana Mulyana, mencoba promo naik transportasi publik Trans Metro Bandung (TMB) cuma Rp 500 dengan menggunakan sistem tiket elektronik Bandung Smart Card (BSC), Jumat (28/9).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wali Kota Bandung Oded M Danial akan melakukan kunjungan kerja ke Kota Hamamatsu, Jepang. Kunjungan hingga 6 November mendatang kali ini untuk menjajaki kerja sama di sejumlah bidang.

Pemkot Bandung akan menjajaki kerja sama, terutama di bidang lingkungan. Di antaranya, perbaikan jaringan air limbah, peningkatan kapasitas, lingkungan hidup, dan ekonomi kreatif. Termasuk penjajakan kerja sama ketenagakerjaan dengan sejumlah industri di Kota Hamamatsu.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Sekterariat Daerah Kota Bandung, Dedi Priadi Nugaha, mengungkapkan, kunjungan Wali Kota Bandung ke Hamamatsu terkait dengan pengelolaan air limbah yang ditangani oleh PDAM Tirtawening. Selain itu, juga akan bertemu dengan Wali Kota Hamamatsu untuk membahas kerja sama lingkungan, ekonomi kreatif, dan ketenagakerjaan.

"Suzuki itu berada di Kota Hamamatsu. Kita juga akan mencoba untuk bekerja sama di bidang ketenagakerjaan. Semoga tenaga kerja Kota Bandung bisa diberikan kesempatan untuk bekerja di sana," kata Dedi, Jumat (2/11)

Ia mengatakan, Kota Bandung dan Kota Hamamatsu telah menjalin kerja sama sejak tahun 2002. Kedua kota kemudian menjalin kerja sama teknis dengan menandatangani letter of intent pada 2014.

Pada September 2018 lalu, perwakilan dari Kota Hamamatsu telah bertemu dengan Oded di Balai Kota Bandung. Saat itu, Kota Hamamatsu juga telah menawari kerja sama dalam bidang lingkungan. Saat ini, Pemerintah Kota Hamamatsu juga telah memberikan bantuan pendidikan bagi 30 pelajar Kota Bandung setiap tahunnya.

Wali Kota Bandung Oded M Danial pun mengungkapkan, saat ini memang Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung banyak menerima undangan untuk berkunjung ke sejumlah kota di luar negeri. Namun, Pemkot Bandung tidak bisa menerima semua undangan tersebut. Pemkot Bandung harus memilih berdasarkan skala prioritas.

"Saya akan bersama dengan PDAM Tirtawening Kota Bandung untuk menjajaki kerja sama dengan Kota Hamamatsu. Ini juga merupakan tindak lanjut dari penjajakan yang telah dilakukan sebelumnya," kata Oded di Pendopo Kota Bandung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement