Kamis 01 Nov 2018 15:44 WIB

Capaian Imunisasi MR Kabupaten Muba Tertinggi di Sumsel

Capaian itu membawa Muba mendapat apresiasi dari Menteri Kesehatan.

Rep: Maspril Aries/ Red: Agus Yulianto
Piagam penghargaaan dari Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek  kepada Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) atas prestasi keberhasilan mencapai lebih dari 95 persen cakupan kampanye imunisasi MR Fase II.
Foto: Foto: Istimewa
Piagam penghargaaan dari Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek kepada Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) atas prestasi keberhasilan mencapai lebih dari 95 persen cakupan kampanye imunisasi MR Fase II.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Perpanjangan program imunisasi Measles Rubella (MR) di Indonesia berakhir pada 31 Oktober 2018. Di Sumatera Selatan (Sumsel) capaian realisasi program imunisasi MR mencapai 80,31 persen.

“Dari 17 daerah kabupaten dan kota di Sumsel, daerah yang capaiannya tertinggi dalam program imunisasi MR adalah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Di daerah ini sampai 30 Oktober 2018 mencapai 104,59 persen,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Lesty Nuraini.

Capaian program imunisasi MR yang sampai di atas 100 persen tersebut dibenarkan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Muba Azmi. “Jumlah tersebut mencapai 189.001 sasaran dari target yang ditetapkan Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan untuk program imunisasi MR di Kabupaten Musi Banyuasin,” katanya, Kamis (1/11).

Capaian imunisasi MR di Kabupaten Muba tersebut telah mendapat apresiasi dari Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek. Sebelum program imunisasi MR diperpanjang, pada September 2018 Kabupaten Muba menjadi daerah di Sumsel dengan capaian tertinggi imunisasi MR di Sumsel.

“Capaian imunisasi tersebut tidak lepas dari komitmen Bupati Muba Dodi Reza Alex untuk menjaga kesehatan rakyat Muba dengan upaya preventif dan peningkatan mutu pelayanan baik pada pelayanan kesehatan masyarakat maupun perseorangan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Azmi.

Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Lesty Nuraini mengatakan, dari 17 daerah kabupaten dan kota sampai 30 Oktober 2018 ada lima daerah tergolong tinggi capaian program imunisasi MR, yaitu Kabupaten Musi Banyuasin mencapai 104,59 persen, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dengan capaian 95,6 persen, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mencapai 96,86 persen, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) mencapai 98,35 persen dan Kabupaten OKU Timur mencapai 98,82 persen.

Daerah lainnya, capain terendah di Sumsel adalah Kabupaten Banyuasin yang pada 30 Oktober 2018 mencapai 58,55 persen, Kota Prabumulih 58,6 persen dan Kota Palembang yang mencapai 59,4 persen.

Untuk capaian seluruh Indonesia, program imunisasi MR  di Sumsel mencapai 80,31 persen. Capaian program imunisasi MR di Sumsel tersebut berada pada peringkat 11 dari 28 provinsi yang melaksanakan program imunisasi MR.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement