Selasa 30 Oct 2018 20:41 WIB

LAN Beri Penghargaan Inagara pada Bupati Serang

Ratu Tatu menyebut penghargaan ini harus memperkuat komitmen Pemkab Serang berinovasi

Rep: Mimi Kartika/ Red: Andi Nur Aminah
Kepala LAN RI Adi Suryanto menyerahkan piagam penghargaan Inovasi Administrasi Negara (Inagara) kepada Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah di Gedung Makarti Bhakti Nagari, Jakarta Pusat, Selasa (30/10).
Foto: Humas Pemkab Serang
Kepala LAN RI Adi Suryanto menyerahkan piagam penghargaan Inovasi Administrasi Negara (Inagara) kepada Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah di Gedung Makarti Bhakti Nagari, Jakarta Pusat, Selasa (30/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meraih penghargaan Inovasi Administrasi Negara (Inagara) dari Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI). Penghargaan diberikan langsung Kepala LAN RI Adi Suryanto kepada Ratu Tatu di Gedung Makarti Bhakti Nagari, Jakarta Pusat, Selasa (30/10).

“Penghargaan ini harus memperkuat komitmen kami di Pemerintah Kabupaten Serang untuk terus berinovasi. Bukan hanya untuk internal aparatur, juga dalam rangka meningkatkan pelayanan serta kesejahteraan masyarakat Kabupaten Serang,” ujar Tatu dalam keterangan persnya.

Sebelum penghargaan ini, Pemkab Serang telah menandatangai nota kesepahaman (Mou) antara LAN dan Pemkab Serang pada 17 Januari 2018. Tatu mengatakan, kerja sama tersebut disertai dengan perjanjian tentang pelaksanaan Laboratorium Inovasi LAN.

Ia menjelaskan, lima tahapan Laboratorium Inovasi telah dilakukan Pemkab Serang. Mulai dari drump up, diagnose, design, deliver, dan display. Untuk tahap akhir yakni display atau pameran telah dilakukan bersamaan dengan Serang Expo 2018 di Kecamatan Cikeusal pada 11 Oktober 2018.

"Dari hasil Laboratorium Inovasi telah dihasilkan 54 inovasi yang berasal dari seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Serang," kata Tatu.

Selain itu, Bupati Serang juga telah mendapatkan kesempatan mengikuti program Leaderpreneurship di Singapura pada 16 hingga 20 Juli 2018. Tatu merupakan salah satu dari 20 bupati atau wali kota yang diundang khusus mengikuti program tersebut. Hasil kerja sama antara LAN dan Civil Service College (CSC)/Temasek Foundation Singapore.

"Program Leaderpreneurship didedikasikan untuk meningkatkan layanan publik, melengkapi layanan publik di masa depan, serta diharapkan mampu berinovasi dengan teknologi," tutur Tatu.

Tatu mengapresiasi jajaran Bappeda serta OPD yang berusaha menciptakan inovasi daerah. Ia berharap, inovasi yang telah diciptakan terus disosialisasikan serta dijalankan dengan serius, agar benar-benar bermanfaat untuk meningkatkan kinerja aparatur serta pelayanan kepada masyarakat. “Inovasi bertujuan untuk menciptakan pemerintah daerah yang efektif, maka harus dijalankan dengan baik,” kata dia.

Kepala LAN Adi Suryanto dalam sambutannya mengapresiasi para pemimpin daerah yang meraih penghargaan Inagara 2018. Adi juga mengapresiasi daerah yang berkomitmen tinggi dalam pengembangan inovasi melalui Laboratorium Inovasi binaan LAN.  “Semoga semakin memperkaya perspektif dan mampu menumbuhkan semangat berkompetisi serta menjadikan inovasi sebuah gerakan masif,” kata Adi.

Selain Bupati Serang, total ada 26 bupati atau wali kota yang menerima penghargaan Inagara. Mereka dinilai berkomitmen meningkatkan inovasi di daerah masing-masing melalui Laboratorium Inovasi LAN.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement