Selasa 30 Oct 2018 16:13 WIB

Penumpang Lion Alami Ketegangan Penerbangan Denpasar-Jakarta

Pesawat Lion Depansar-Jakarta diyakini sama dengan pesawat yang jatuh di Karawang.

Rep: Mimi Kartika/ Red: Teguh Firmansyah
Lion Air
Lion Air

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Salah satu penumpang pesawat Lion Air dengan rute Denpasar-Jakarta menceritakan kendala-kendala yang dialami pesawat tersebut pada Ahad (28/10) malam. Choiria Septia mengatakan, pesawat yang ditumpanginya itu mengalami keterlambatan (delay) penerbangan karena ada masalah pada mesin.

"Sebenarnya kita harusnya take off pada jam enam sore lewat. Panggilan jam setengah sembilan lewat berapa akhirnya kita semua yang ada di ruang tunggu itu masuk ke pesawat," ujar Choiria saat dihubungi pada Selasa (30/10).

Ia menjelaskan, di dalam pesawat itu para penumpang masih menunggu sekitar 30 menit dan mulai bergerak ke landasan. Akan tetapi, pada saat itu AC belum menyala karena suhu di dalam pesawat masih belum dirasakan dingin.

Setelah itu, lanjut Choiria, pesawat kembali menuju parkiran yang sudah bergerak ke landasan. "Pesan dari pilotnya adalah ada kesalahan di pesawat itu, mau dicek sistemnya dulu," kata dia.

Menurut Choiria, selama pengecekan pesawat, para penumpang masih berada di dalam pesawat. Ia menyebut, lebih dari satu jam menunggu pengecekan dengan kondisi AC di dalam pesawat tidak menyala.

"Ada di pesawat tanpa AC itu benar-benar menyiksa banget. Ada bayi, orang tua, dan lain-lain, dan itu benar-benar pesawatnya itu panas banget, udara yang keluar dari AC itu benar-benar panas," jelas dia.

Baca juga, Nelayan Rasakan Dentuman Keras Pesawat Lion Air Jatuh.

Beberapa penumpang mengeluh keadaan di dalam pesawat. Mereka meminta pintu pesawat dibuka kepada pramugari. Meski awalnya pintu pesawat tidak dibukakan, ada penumpang yang mendesak karena kondisi di dalam pesawat yang panas.

"Akhirnya pramugarinya membukakan pintu, kita semua yang ada di dalam yang sudah butuh oksigen turun dari pesawat," tutur Choiria.

Ia mengatakan, para penumpang turun dari pesawat dan menunggu proses pengecekan di luar pesawat. Menurut dia, penumpang yang sempat menunggu di dalam pesawat dan keluar terakhir mengaku merasakan lantai pesawat yang panas.

"Sekitar 40 menit di luar pesawat. Jadi kita terdampar di sekeliling pesawat itu. Saya update insta story itu karena kita ada di luar," tutur Choiria.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement