Sabtu 27 Oct 2018 15:37 WIB

Bus Kecelakaan di Pangandaran, 26 Penumpang Luka Berat

Kecelakaan terjadi karena mesin mati dan supir bus membanting stir sehingga terbalik

Rep: Djoko Suceno/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Bus pariwisata yang mengalami kecelakaan hingga terbalik di  Jalan Raya Pangandaran – Kalipucang, Dusun Karangsari RT 03 RW01, Desa. Putrapinggan, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Sabtu (27/10) sekitar pukul 06.45 WIB
Foto: Dok Istimewa
Bus pariwisata yang mengalami kecelakaan hingga terbalik di Jalan Raya Pangandaran – Kalipucang, Dusun Karangsari RT 03 RW01, Desa. Putrapinggan, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Sabtu (27/10) sekitar pukul 06.45 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, Bandung-- Bus pariwisata yang mengangkut 51 orang penumpang yang hendak berwisata ke Pantai Pangandaran mengalami kecelakaan tunggal hingga terbalik. Kecelakaan yang dialami Bus Nopol D 7540 VC tersebut terjadi di Jalan Raya Pangandaran – Kalipucang, Dusun Karangsari RT 03 RW01, Desa. Putrapinggan, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Sabtu (27/10) sekitar pukul 06.45 WIB.

Akibat kecelakaan tersebut sebanyak 25 penumpang mengalami luka berat dan 26 luka ringan. Korban langsung dievakuasi ke Puskesmas Kalipucang dan RSUD Pangandaran.

Perwira Piket Polsek Kalipucang, Iptu Bambang, melaporkan, kecelakaan terjadi di jalanan menurun dan menikung. Saat kejadian, bus pariwisata yang dikemudikan Deni Hidayat (44 tahun) warga Kampung Pajagalan RT 03 RW 04 Soreang Bandung, malaju dari arab barat ke timur.

Sesampainya di lokasi kejadian tiba-tiba mesin mobil bus mati. Sopir berusaha menepikan mobil yang mati mesin ke arah kiri namun dari arah berlawanan mucul sepeda motor. Sang sopir pun akhirnya membanting stir ke arah kanan secara mendadak sehingga bus oleng dan berbalik di badan jalan.

Menurut Agus (33) seorang penumpang yang selamat, dalam posisi bus terbalik seluruh penumpang berhasil keluar dari dalam bus melalui kaca depan yang hancur dan terlepas. Satu per satu, kata dia, penumpang yang mengalami luka ringan keluar dari bus warna putih tersebut. Warga sekitar membantu proses evakuasi korban luka berat yang terjebak di dalam bus. " Situasi di dalam bus mencekam. Penumpang berteriak histeris saat bus terbalik," kata dia.

Korban luka berat dan ringan langsung dievakuasi ke Puskesmas Kalipucang. Korban luka berat kemudian dirujuk ke RSUD Pangandaran. Sedangkan bus yang terbalik dan melintang di tengah jalan berhasil dievakuasi oleh petugas dibantu warga. Arus lalu lintas sempat terhambat akibat kecelakaan tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement