Jumat 26 Oct 2018 23:35 WIB

Erick Thohir Ingin Anak Muda Kembangkan Potensi Daerah

"Saya ras bangun bangsa jangan Jakartasentris," ucap Erick Thohir

Rep: Dwina Agustin/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pendiri Mahaka Grup, Erick Thohir memberikan materi  dalam acara di Ideafest, Jakarta, Jumat (26/10).
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Pendiri Mahaka Grup, Erick Thohir memberikan materi dalam acara di Ideafest, Jakarta, Jumat (26/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Erick Thohir dorong anak muda untuk bangun daerah dan tinggalkan konsep Jakartasentris. Cara ini dapat dilakukan dengan mengembangkan sesuatu yang khas pada daerah tersebut.

"Buat orang daerah ini harus saling kolaborasi juga. Saya rasa bangun bangsa jangan Jakartasentris," ujar Erick dalam acara "IdeaFest 2018" di Jakarta, Jumat (26/10).

Baca Juga

Membangun Indonesia harus secara merata dan bisa dilakukan mulai dari daerah. Erick menyoroti, perlu ada pengembangan kekuatan dan kemampuan tidak hanya di ibu kota Indonesia saja.

Setiap pemuda di daerah harus bisa menggali sesuatu yang bisa dikembangkan. Sehingga ide dan inovasi bisa berkembang secara luas di Indonesia.

Pendiri Mahaka Media Group ini pun mencontohkan negara Amerika Serikat dan Cina. Kedua negara itu mampu mengembangkan banyak kota besar untuk menggerakkan bangsanya.

"Saya mau generasi muda di daerah bangun di daerahnya juga," ujar Erick.

Di samping itu, Erick pun menyinggung soal keputusannya melakukan investasi di luar negeri. Cara itu dilakukan bukan hanya karena dia menyukainya, namun, dia ingin menunjukan kalau bangsa Indoensia bisa pula bergerak di luar wilayahnya.

Pembukaan Idea Fest yang sudah berlangsung sejak tahun 2011 itu dilakukan oleh Presiden Joko Widodo.

Erick yang dalam presentasinya mengacu pada pencapaian di Asian Games 2018 menyatakan bahwa banyak sekali kalangan muda Indonesia yang memiliki daya kreatif, inspirasi, dan ide-ide cemerlang yang sebanding dengan para pesaingnya di luar negeri.

"Jika Indonesia ingin lebih mengembangkan ekonomi kreatif dalam banyak sektor, maka kita harus memberi porsi dukungan yang besar, kebijakan yang luas, serta sarana yang mendukung agar ide kreatif mereka mendapat saluran yang baik,” jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement