Jumat 26 Oct 2018 12:11 WIB

Kelompok Tani Probolinggo Peroleh Bantuan Alat Pertanian

Hasil tani probolinggo berupa bawang sudah menjadi komoditas ekspor

Bantuan alat dan mesin pertanian/ilustrasi
Foto: Antara/M Ibnu Chazar
Bantuan alat dan mesin pertanian/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun menyalurkan sejumlah alat mesin pertanian dan perkebunan (Alsintan) kepada beberapa kelompok tani di Kabupaten Probolinggo, Kamis (25/10).  Serah terima bantuan dari Kementerian Pertanian (Kementan) itu dilaksanakan di Balai Benih Pertanian di Desa Sukodadi Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Kamis (25/10).

Alsintan yang disalurkan merupakan bantuan dari sejumlah unit di Kementan. Antara lain Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, serta Direktorat Jenderal Perkebunan Kementan.

Adapun alsintan yang disalurkan antara lain traktor roda dua sejumlah 45 unit (singkal 15 unit dan rotary 30 unit), pompa air 3" (15 unit), kultivator (10 unit), hand sprayer elektrik (50 unit), alat tanam jagung (50 unit), 20 kg benih tembakau yang setara 1.700 ha pengembangan, timbangan digital (1 unit),  pompa air (1 unit) dan 25 buah terpal.

Selain Misbakhun, hadir pula Dirjen Tanaman Pangan Kementan Sumarjo Gatot Irianto. Anggota IV Badan Pemeriksa Keungan (BPK) RI Prof. DR. Rizal Djalil, MM juga ikut menyaksikan penyerahan alsintan untuk petani Probolinggo itu. 

Misbakhun dalam kata sambutannya meminta gabungan kelompok tani (gapoktan)  penerima alsintan agar merawat bantuan dari pemerintah pusat itu. “Saya berharap agar melakukan perawatan terhadap alat dan mesin yang diberikan," pintanya. 

Legislator Golkar itu mengatakan, penyaluran bantuan itu merupakan bentuk komitmennya pada para petani di daerah pemilihannya di Kabupaten/Kota Pasuruan dan Probolinggo. Karena itu Misbakhun mengharapkan para petani  penerima bantuan bisa memanfaatkannya sebaik mungkin.

"Ini adalah komitmen saya di dapil saya Probolinggo-Pasuruan. Bantuan ini harus digunakan pada gabungan kelompok tani dan jangan digunakan oleh kepala Gapoktannya saja," pinta Misbakhun.

Dalam kesempatan itu Misbakhun juga memuji Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari. Menurutnya, bupatimengerti betul kebutuhan masyarakat petani di Porbolinggo. 

“Saya pastikan tidak salah telah memilih beliau sebagai bupati yang kedua. Beliau juga termasuk sebagai deretan bupati paling cantik di Indonesia. Karena kalau dihitung dari bupati perempuan, tidak sedikit yang mempunyai kelebihan dari sisi kecantikan, kepandaian dan kepemimpinan,” kata Misbakhun memuji. 

Sedangkan Bupati Tantri dalam sambutannya mengatakan, mayoritas warga di Kabupaten Probolinggo merupakan petani. ”Di Kabupaten Probolinggo banyak potensi yang sudah berkembang. Bahkan, hasil pertanian yaitu bawang sudah ekspor ke luar negeri," tuturnya.

Bupati Tantri juga sempat berkelakar. Dia menyinggung status Misbakhun yang kembali menjadi calon legislator untuk DPR dari Golkar di daerah pemilihan Pasuruan dan Probolinggo. 

“Nomor urut berapa, Pak Misbakhun?” tanya Bupati Tantri. 

Sontak Misbakhun langsung meresponsnya. “Nomor urut satu, Bu,” jawab Misbakhun singkat.

Tantri lantas melanjutkan pidatonya.  “Jadi tolong diingat ya nanti Pak Misbakhun dari Partai Golkar nomor urut satu,” ujar Bupati Tantri mengundang tawa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement