Selasa 23 Oct 2018 02:38 WIB

MUI Minta Umat tak Terprovokasi Pembakaran Bendera Tauhid

Aksi pembakaran bendera tauhid dilakukan oleh sejumlah oknum anggota Banser

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Nidia Zuraya
Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Saadi.
Foto: Republika/Yasin Habibi
Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Saadi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Zainut Tauhid Sa'adi, meminta semua pihak untuk dapat menahan diri, tidak terpancing dan terprovokasi oleh pihak-pihak yang ingin mengadu domba dan memecah-belah bangsa Indonesia. Hal ini diungkapkannya menanggapi aksi pembakaran bendera tauhid yang dilakukan oleh sejumlah oknum anggota Banser.

"Pembakaran bendera yang bertuliskan kalimat tauhid yang mirip bendera ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) oleh anggota Banser tidak perlu dibesar-besarkan dan dijadikan polemik, karena hal tersebut dapat menimbulkan kesalahpahaman dan memicu gesekan," kata Ustaz Zainut dalam keterangan rilis yang diterima Republika.co.id, Senin (22/10).

Baca Juga

Ustaz Zainut mengatakan, Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas telah memberikan penjelasan alasan pembakaran bendera yang bertuliskan kalimat tauhid oleh anggotanya karena semata untuk menghormati dan menjaga agar tidak terinjak-injak atau terbuang di tempat yang tidak semestinya. Hal tersebut menurutnya disamakan dengan perlakuan ketika menemukan potongan sobekan mushaf Alquran yang dianjurkan untuk dibakar jika tidak dapat menjaga atau menyimpannya dengan baik.

Karena itulah, ia meminta agar hal tersebut tidak perlu dipermasalahkan, apalagi ditanggapi secara emosional dengan menggunakan kata-kata yang kasar seperti melaknat, mengatakan biadab dan menuduh seperti PKI. Karena hal tersebut, menurutnya, dapat menimbulkan ketersinggungan kelompok yang dapat memicu konflik interen umat beragama.

Ia menambahkan, MUI menengarai ada kelompok tertentu yang ingin Indonesia pecah dan umat Islam tercerai berai. "Untuk hal tersebut kami mengimbau kepada semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan dan tetap menjaga persaudaraan, agar terhindar dari fitnah dan perpecahan," tutur Ustaz Zainut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement