Sabtu 20 Oct 2018 06:23 WIB

Pencopotan Camat Tamansari Masih Tahap Pemeriksaan

PAUD Tunas Bina Pinangsia direlokasi di sisi sebelah timur kantor Kecamatan Tamansari

Kondisi PAUD Tunas Bina, Tamansari, Jakarta Barat pasca digusur oleh Satpol PP DKI Jakarta, Jumat (19/10).
Foto: Republika/Muhammad Ikhwanuddin
Kondisi PAUD Tunas Bina, Tamansari, Jakarta Barat pasca digusur oleh Satpol PP DKI Jakarta, Jumat (19/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Walikota Jakarta Barat, M Zen, mengatakan pemberhentian Camat Tamansari, Firmanudin, hanya bersifat untuk sementara. Firmanudin sebelumnya dicopot dari posisi Camat Tamansari, Jakarta Barat, sebab dianggap lalai dalam tugas terkait pembongkaran PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Tunas Bina Pinangsia saat kegiatan belajar mengajar dilaksanakan pada Rabu (17/10).

Terkait status Firmanudin tersebut, Zen memastikan pemberhentian jabatan tersebut hanya bersifat sementara. ''Masih sementara, saat ini masih dilakukan tahap pemeriksaan,'' ujar Zen di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Jumat (19/10). 

Zen mengatakan pembongkaran bangunan PAUD bukan tanpa solusi bagi kegiatan belajar mengajar yang telah berlangsung selama ini. Dalam kesempatan tersebut, Zen mengatakan Pemerintah Kota Jakarta Barat berencana merelokasi PAUD Tunas Bina yang sempat dibongkar karena tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

''Itu rencananya memang akan dicarikan tempat dan tempatnya sudah ada di sisi sebelah timur kantor Kecamatan Tamansari,'' ujarnya. ''Kita akan carikan tempat yang sedikit lebih representatif, tempatnya sudah ada dan sudah dikerjakan. Ada di sisi jalan inspeksi, anak kali Ciliwung.''

Zen memaparkan pembongkaran bangunan PAUD Tunas Bina selaras dengan rencana pemerintah untuk menata kawasan kota tua, pedestrian dan saluran sekitar Jalan Kalibesar Timur 1. Sementara bangunan yang digunakan menjadi PAUD Tunas Bina tersebut tidak hanya melanggar IMB, namun juga berdiri di bahu jalan yang menyebabkannya terkena dampak penataan.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sebelumnya menegaskan bahwa dia memberhentikan Firmanudin karena dinilai lalai dalam tugas terkait pembongkaran PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Tunas Bina Pinangsia. "Saya butuh pemimpin di tingkat wilayah yang bijaksana, sore itu juga sudah saya berhentiin," ujar Anies di Jakarta, Kamis (18/10).

Anies menganggap, pemberhentian Camat Tamansari adalah langkah yang diperlukan untuk kedisiplinan perihal bagaimana pejabat melaksanakan tugas menggunakan pertimbangan kebijaksanaan pada warganya. Terlebih, pelaksanaan pembongkaran bangunan PAUD tersebut dilakukan saat jam belajar mengajar anak didik. Tak ayal, hal tersebut mengakibatkan trauma bagi anak didik yang menangis ketakutan.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement