Jumat 19 Oct 2018 20:36 WIB

Aman Palestin Gulirkan Program Palestina Peduli Lombok

Warga Palestina rutin mendoakan keselamatan warga Lombok yang direlung bencana.

Direktur Aman Palestin-Indonesia, Miftahuddin Kamil, MA
Direktur Aman Palestin-Indonesia, Miftahuddin Kamil, MA

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Banyak pihak terharu dengan tindakan mulia warga Palestina yang mendoakan korban gempa Lombok. Doa warga Palestina itulah yang mendorong non-governmental organization Aman Palestin menyalurkan bantuan ke lokasi gempa di Pulau Seribu Masjid Lombok. Aksi kemanusiaan itu dinamakan ‘Palestina Peduli Lombok’. 

Direktur Aman Palestin Indonesia Ustaz Miftahuddin Kamil MA mengatakan, Aman Palestin Indonesia yang selama ini concern membantu Palestina, tergerak mengulurkan tangan untuk Lombok. Terhitung sejak 4 September 2018 sampai 10 Oktober 2018, Aman Palestin Indonesia sukses mengirimkan misi bantuan dalam empat gelombang.

Miftahuddin menyebutkan, dalam membantu Lombok, Aman Palestin Indonesia bekerjasama dengan sejumlah organisasi dan yayasan. Bantuan yang disalurkan, papar dia, di antaranya pakaian anak dan dewasa, pembalut perempuan, susu bayi, obat-obatan, sembako, Alquran, terpal, serta tandon air.

Dalam mendistribusikan bantuan, relawan Aman Palestin Indonesia kerap blusukan ke daerah-daerah terpencil, yang memang belum tersentuh bantuan. Misalnya Dusun Pandanan, Mentigi, Teluk Kodek, Dusun Bayan, Desa Pemenang, Mambalan, Batu Layar,Desa Wadon, serta Akar-akar.

Sejumlah aksi kemanusiaan yang tengah dijalankan Aman Palestin Indonesia untuk Lombok, yakni:

1. Pembangunan satu unit rumah tahan gempa di dusun Pandanan.

2. Pembangunan dua  unit kamar mandi di dusun Pandanan.

3. Pembagian paket sembako untuk 460 kepala keluarga (KK) di Dusun Pandanan, 372 KK di Dusun  Mentigi, 382 KK di Dusun Teluk Kodek.

4. Pembagian pakaian, selimut, makanan kering dan lainnya di Dusun Pandanan, Mentigi dan Teluk Kodek, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara dan di Dusun Bengkaung, Senteluk, dan Dusun Kekait,  Lombok Barat.

5. Pembagian penampungan air ke Dusun Bengkaung, Kekait, dan Senteluk Lombok Barat.

6. Pelaksanaan trauma healing kepada 22 orang anak di Dusun Pandanan dan Dusun Teluk Kodek.

7. Pembinaan aqidah kepada ibu-ibu korban gempa.

8. Pembagian alat sekolah (tas sekolah, buku cerita, alat peraga) kepada 22 anak di Dusun Pandanan. Pembagian 130 eksemplar mushaf Alquran kepada msyarakat di Dusun Pandanan, Dusun Mentigi, dan Teluk Kodek

9. Bidayatul Quran Dusun Pandanan.

Selain bantuan tersebut, papar Miftahuddin, Aman Palestin Indonesia juga sempat menggelar Tabligh Akbar di tiga tempat di Lombok pada 5 dan 6 Oktober 2018. Tema tabligh akbarnya, yakni ‘Menyingkap Hikmah di Balik Musibah’. Pemateri kegiatan itu, yakni CEO Aman Palestin Berhad Ustaz Awang Suffian Lc dan Direktur Aman Palestin Indonesia Ustaz Miftahuddin Kamil MA.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement