Kamis 18 Oct 2018 06:52 WIB

Lima Hektare Kebun Warga di Kuningan Terbakar

Api pertama kali terlihat oleh warga yang melintas di lokasi kejadian.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Petugas memadamkan kebakaran lahan (ilustrasi).
Foto: Antara/Nova Wahyudi
Petugas memadamkan kebakaran lahan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN  -- Kebakaran lahan masih terus terjadi di Kabupaten Kuningan. Kali ini, kebakaran melanda kebun milik warga di Dusun Pahing, Blok Pasir Kalapa, Desa/Kecamatan Nusaherang, Kabupaten Kuningan, Rabu (17/10) sore.

"Di lokasi itu, lima hektare kebun milik warga terbakar,’’ ujar Kepala Pelaksana Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin.

Adapun lahan yang terbakar itu terdiri dari kebun bambu dan kayu seluas 4,7 hektare. Ditambah lagi, kebun cengkeh seluas 0,3 hektare.

Agus menjelaskan, api pertama kali terlihat oleh warga yang melintas di lokasi kejadian sekitar pukul 15.00 WIB. Melihat hal itu, ratusan warga setempat dengan dibantu tim BPBD, bergotong royong berusaha memadamkan api.

Sumber air yang jauh sempat menjadi kendala dalam upaya pemadaman tersebut. Api akhirnya dapat dipadamkan pada pukul 19.30 WIB atau sekitar 4,5 jam dari saat pertama kali api terlihat oleh warga.

Seperti diketahui, kebakaran terus terjadi di berbagai lokasi di Kabupaten Kuningan sepanjang musim kemarau tahun ini. Sepanjang Selasa (16/10), bahkan terjadi tiga kali peristiwa kebakaran.

Berdasarkan data Pusdalops BPBD Kabupaten Kuningan, ketiga peristiwa kebakaran yang terjadi pada Selasa (16/10) itu masing-masing berupa kebakaran satu unit rumah warga di Desa Cilayung, Kecamatan Ciwaru, kebakaran satu unit rumah warga di Desa Haurkuning, Kecamatan Nusaherang dan kebakaran kebun milik warga seluas 85 bata di Desa Windujanten, Kecamatan Kadugede. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement