Rabu 17 Oct 2018 22:43 WIB

Lima Puskesmas di Depok Miliki Pusat Pemulihan Gizi Balita

Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan status gizi balita.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto
Petugas memperlihatkan vaksin Pentabio untuk pencegahan penyakit difteri di Puskesmas Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Selasa (5/12).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Petugas memperlihatkan vaksin Pentabio untuk pencegahan penyakit difteri di Puskesmas Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Selasa (5/12).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Sebanyak lima puskesmas di Kota Depok memiliki layanan pusat pemulihan gizi (PPG) bagi balita tumbuh kejar. Pelayanan tersebut diberikan dengan sistem rawat jalan.

"Saat ini ada di lima puskesmas yang sudah memiliki tim kesehatan terlatih," ujar Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Depok May Haryanti di Balai Kota Depok, Rabu (17/10).

Layanan PPG, kata May, terdapat di Puskesmas Cimanggis, Puskesmas Bojongsari, Puskesmas Sawangan, Puskesmas Tapos, dan Puskesmas Pancoran Mas. Diutarakan May, dalam pelayanan tersebut, balita tumbuh kejar diberikan susu tambahan, serta makanan tambahan yang memiliki kandungan lebih. "Tentu upaya ini untuk meningkatkan status gizi balita tersebut."

Jika ditemukan balita tumbuh kejar yang sakit, puskesmas setempat akan memberikan rujukan. Selanjutnya, apabila penyakit tersebut berangsur pulih, balita tumbuh kejar akan mendapatkan perawatan khusus untuk meningkatkan status gizi.

"Saya berpesan kepada masyarakat yang memiliki balita dengan status gizi kurang, dapat melaporkan ke puskesmas setempat. Dengan begitu, nantinya akan memperoleh perawatan khusus agar pertumbuhan balitanya dapat optimal. Jangan segan untuk datang ke puskesmas karena perawatan ini gratis dan akan didampingi hingga balita mengalami status gizi baik," ujar May menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement